Beranda / Ilmu / 5 Hal Membantu Kita Untuk Bersyukur Kepada Allah

5 Hal Membantu Kita Untuk Bersyukur Kepada Allah

Jendelainfo.com – Allah memberikan nikmat kepada kita siang dan malam, berbagai nikmat Allah berikan kepada kita, nikmat iman dan islam, nikmat kesehatan, melihat, mendengar, makan, minum, nikmat mempunyai orang tua, istri, anak, tempat tinggal, kendaraan dan yang lainnya dari nikmat-nikmat Allah.

Allah Ta’aala berfirman;

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا

“Jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya.” (Ibrahim:34)

وَمَا بِكُمْ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللَّهِ

dan apa saja nikmat yang ada pada kamu , Maka dari Allah-lah” (an Nahl:53)

Namun bersamaan berbagai nikmat yang Allah berikan kepada kita, kita kurang bersyukur kepada Allah. Bahkan mungkin kita tidak bersyukur kepada Allah namun kita menyangka kita telah bersyukur. Oleh karena itu, sudah semestinya bagi kita untuk melihat kembali usaha kita dalam mewujudkan rasa syukur kepada Allah.
Berikut ini beberapa hal yang dapat membantu seseorang untuk bersyukur kepada Allah.

1. Memperhatikan dan menghadirkan nikmat-nikmat dalam diri kita yang telah Allah berikan kepada kita di setiap saat dan tidak lalai dari hal itu.
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اذْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ

“Wahai manusia! Ingatlah akan nikmat Allah kepadamu…” (Fathir:3).

Ketika kita mengingat-ingat nikmat yang Allah berikan kepada kita maka akan menumbuhkan rasa syukur kepada Allah yang telah memberikan begitu banyak nikmat kepada kita.

2. Terkait nikmat dunia maka kita melihat  kepada orang-orang yang nikmatnya di bawah kita. Karena betapa banyak orang yang nikmatnya di bawah kita bahkan jauh di bawah kenikmatan yang telah Allah berikan kepada kita. Dengan melihat hal ini akan menumbuhkan rasa syukur kepada Allah.

Rasulullah shallallahu a’laihi wasallam bersabda:

انْظُرُوا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلَا تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لَا تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ

“Lihatlah kepada orang yang berada dibawah darimu dalam urusan dunia, dan janganlah  kalian melihat kepada orang yang berada diatasmu yang demikian itu akan lebih bisa untuk kita tidak meremehkan kenikmatan Allah” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Hendaknya kita mengetahui dan meyakini bahwa seseorang akan ditanya tentang nikmat-nikmat yang  telah Allah berikan kepadanya, apakah dia bersyukur kepada Allah atau tidak. Allah Ta’aala berfirman

ثُمَّ لَتُسْأَلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيمِ

“Kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).” (At Takatsur:8)

4. Mesyukuri nikmat-nikmat yang Allah berikan dengan hati, lisan dan anggota badan. Hatinya meyakini seluruh nikmat ini berasal dari Allah, lisannya mengucapkan pujian kepada Allah, anggota badannya menggunakan nikmat yang Allah berikan untuk ketatan kepada Nya.

5. Berdoa kepada Allah agar senantiasa dijadikan sebagai hamba yang bersyukur. Diantara doa agar diberikan taufiq untuk senantiasa bersyukur adalah doa Nabi Sulaiman ‘alaihis shalatu was salam, beliau memohon agar selalu diberikan taufiq untuk menjadi hamba yang bersyukur,

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

“Ya Rabbku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh. (An-Naml: 19).

Semoga Allah memberikan taufiq kepada kita dan menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang bersyukur. (Joko)

Baca Juga

macam sekte rafidhah

BERBAGAI MACAM SEKTE RAFIDHAH

BERBAGAI MACAM SEKTE RAFIDHAH Jendelainfo.com – Dijelaskan dalam kitab Daairatul Maarif bahwa Syiah ini bercabang-cabang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *