5 Tips Mudah Agar Puasa Terasa Ringan, Sehat dan Tetap Bugar Selama Ramadhan

Jendelainfo.com – Telah kita ketahui bersama bahwa berpuasa selama Ramadhan ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan.

Berikut ini kami rangkum tips mudah agar puasa terasa ringan di siang hari Ramadhan yan adakalanya harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam selama sebulan penuh. Harapannya ibadah menjadi terasa ringan, bisa berjalan dengan lancar, sehat dan tetap bugar selama Ramadhan.

Tips 1: Kurma adalah makanan terbaik ketika sahur dan berbuka

Usahakan mengkonsumsi kurma ketika sahur dan berbuka puasa, baik itu kurma basah (ruthob) jika ada maupun kurma kering (tamr) yang lebih mudah didapatkan.

Telah banyak penelitian yang menyebutkan keistimewaan buah kurma ini, selain kandungan gizinya tinggi juga memiliki komponen yang cukup untuk menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa.

Tips 2: Hindari dehidrasi, minum air yang cukup

Untuk mencegah dehidrasi maka ketika waktu terpanas di siang hari, hindari berlama-lama di terik matahari dan kurangi aktifitas fisik. Jika anda merasa kepanasan maka boleh saja mengguyurkan air ke kepala atau mandi dan hal itu tidak membatalkan puasa.

Untuk orang dewasa dengan kebutuhan cairan 8 gelas sehari bisa anda lakukan dengan meminum air putih :

1 gelas ketika bangun sahur
1 gelas setelah makan sahur
1 gelas ketika berbuka
1 gelas setelah sholat Maghrib
1 gelas setelah makan
1 gelas setelah sholat Isya
1 gelas setelah Tarawih dan
1 gelas sebelum tidur

Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui berkemih. Minuman bersoda dan softdrink harus dihindari selama berpuasa karena justeru akan memperberat kerja ginjal.

Tips 3: Makan yang cukup tapi jangan berlebihan

Makanlah dalam porsi normal namun bergizi dan sehat terutama sayuran dan buah-buahan serta jangan makan berlebihan baik ketika sahur maupun berbuka. Multivitamin atau suplemen bukan suatu keharusan selama makanan yang dikonsumsi memiliki gizi yang lengkap.

Hindari konsumsi gorengan berlebihan, serta batasi makanan yang pedas atau terlalu asam agar perut tidak menjadi mules sehingga mengganggu pencernaan tubuh anda.

Sangat dianjurkan untuk mengakhirkan makan sahur sekitar 20-30 menit sebelum adzan berkumandang agar kebutuhan nutrisi selama 12 jam puasa bisa tercukupi.

Ketika berbuka puasa sangat dianjurkan dengan yang makanan manis untuk mengatasi kondisi hipoglikemia akibat puasa seharian. Makan besar sebaiknya dilakukan setelah sholat Maghrib agar pencernaan tidak kaget.

Tips 4: Lakukan Sholat Tarawih dengan santai

Gerakan sholat tarawih yang terlalu cepat akan menyebabkan tubuh cepat capek sehingga bisa kehilangan kesempatan untuk melakukan ibadah-ibadah lainnya.

Sebaliknya sholat tarawih yang dilakukan dengan thumaninah (tenang) sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.

Tips 5: Istirahat yang cukup

Aktifitas ibadah ketika puasa memang sangat padat namun jika dilakukan dengan ikhlas maka akan membuahkan hasil yang baik.

Jika ada waktu, sempatkan untuk mengistirahatkan tubuh anda, dan mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal untuk sahur. Waktu sesaat sebelum dzuhur bisa digunakan untuk istirahat sejenak. Sedangkan setelah sholat zuhur merupakan saat yang tepat untuk tidur secukupnya untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Dengan menjalankan tips-tips sehat di atas, semoga puasa terasa ringan bagi kita semua dan menjadi lebih lancar, bugar dan juga sehat. (BG)

Baca Juga

sholat tarawih kilat

Nyata Terjadi !! Tarawih Kilat Super Cepat dan Kebenaran Sabda Nabi tentang Sholat seperti “Mematuknya Ayam Jantan”

Jendelainfo.com- Ada fenomena miris sekaligus memprihatinkan mengenai sholat Tarawih kilat yang dilaksanakan di Pesantren Mambaul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *