Beranda / Internasional / 6 Alasan Arab Saudi Memutuskan Hubungan Diplomatik Kepada Qatar

6 Alasan Arab Saudi Memutuskan Hubungan Diplomatik Kepada Qatar

Jendelainfo.com – Dunia di-“hebohkan” dengan pemutusan hubungan diplomatik terhadap Qatar oleh Arab Saudi dan beberapa negara lainnya. Semua bertanya-tanya kenapa keputusan yang besar ini diambil oleh Arab Saudi? Setidaknya ada 6 hal penting yang menjadi alasan Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik.

1. Pelanggaran yang dilakukan oleh pemerintah Doha (Qatar), baik secara rahasia ataupun terang-terang dengan tujuan memecah belah persatuan dalam negeri Arab Saudi, dan hasutan/provokasi untuk memberontak kepada negara Saudi dan merongrong kedaulatannya.

2. Qatar turut mempromosikan pemikiran kelompok-kelompok teroris melalui berbagai media, dan hal ini dilakukan secara terus menerus. Di samping merangkul kelompok-kelompok teroris tersebut yang bertujuan mengganggu keamanan kawasan Teluk. Di antaranya kelompok Ikhwanul Muslimin, ISIS, dan Al-Qaedah.

3. Pemerintah Doha (Qatar) mendukung berbagai aktivitas kelompok teroris yang didukung oleh Iran di provinsi Qathif Arab Saudi dan di Kerajaan Bahrain.

4. Mendanai, memelihara dan melindungi kelompok dan tokoh-tokoh radikal yang berusaha untuk menghancurkan stabilitas dan pesatuan negeri ini, hal ini dilakukan dari dalam negeri dan luar negeri.

5. Menggunakan berbagai media yang berusaha untuk mengobarkan fitnah di dalam negeri.

6. Telah nyata bagi kerajaan Arab Saudi adanya bantuan dan dukungan dari penguasa di Doha (Qatar) terhadap milisi-milisi Syiah Houthi yang melakukan kudeta. Hal ini dilakukan oleh Qatar setelah adanya pengumuman Koalisi Militer yang mendukung pemerintahan yang sah di Yaman.

Keputusan besar ini demi kebaikan dalam negeri Saudi Arabia dan keamanan daerah teluk secara khusus dan kebaikkan kaum muslimin bahkan dunia secara umum dari acaman keamanan akibat terorisme dan radikalisme.

Sebagai muslim yang baik, yang bisa melihat permasalahan ini berdasarkan kacamata Al-Quran dan Hadits, tentu akan mendukung keputusan penting ini. Namun jika dia meninjaunya dari sudut pandang politik, fanatik kelompok, atau emosi demi membela tokohnya atau kelompoknya maka bisa saja dia menilai negatif.

Begitu pula jika dia memandangnya dengan penuh kecurigaan terhadap Arab Saudi. Menganggap bahwa Arab Saudi adalah antek Amerika. Maka bisa jadi pula dia memandang negatif.

Baca Juga

MENGEJUTKAN, BERTAHUN TAHUN ARAB SAUDI MENYIMPAN BUKTI KONSPIRASI QATAR

Jendelainfo.com – Dunia seakan terhenyak ketika Kerajaan Arab Saudi mengambil sikap tegas terhadap Qatar. Sebuah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *