Beranda / Kesehatan / 6 Hal yang Akan Dirasakan Saat Gantung Diri, Hindari dan Jauhi

6 Hal yang Akan Dirasakan Saat Gantung Diri, Hindari dan Jauhi

Jendelainfo.com – Akhir-akhir ini sedang marak viral pemberitaan seputar video gantung diri (Suicidal Hanging) seorang pria yang disiarkan secara live melalui Facebook.

Apa yang sesungguhnya terjadi ketika seseorang menggantung diri menggunakan seutas tali, tambang, kain, dasi atau yang lainnya?

Seorang ahli forensik dari State School of Science di Bucharest, Rumania yang bernama Nicolae Minovici (1868-1941) pada awal abad ke-20 telah melakukan penelitian tentang gantung diri. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui respon tubuh dan rasanya gantung diri itu.

Ia membuat sendiri sebuah alat yang ia namai auto-asphyxiation device. Dengan alat ini, orang yang digantung akan terikat dengan sebuah simpul yang buat gantung diri itu. Tali itu menjulur terhubung ke langit-langit dan dibuat sedemikian rupa sehingga ia bisa mengontrol sekiranya sudah tidak mampu menahan sakit.

Secara medis, penggantungan menyebabkan kematian dengan beberapa mekanisme yang bisa berlangsung bersamaan. Pada setiap kasus gantung diri 5 kondisi ini bisa terjadi: (1) Arteri karotis tersumbat, (2) Vena jugularis tersumbat, (3) Memicu refleks karotis, (4) Fraktur vertebra servikal, (5) Menutupnya jalan nafas.

  1. Pada detik awal, tubuh anda akan merasakan gaya gravitasi secara mendadak yang sangat mengerikan akibat tubuh anda terjatuh dan tertahan oleh tali yang menahan leher. Anda akan tercekik dan tidak bisa bernafas sehingga paru-paru anda akan terasa seperti terbakar, denyut jantung menjadi tidak normal (Aritmia). Anda akan merasakan nyeri yang luar biasa menjalar hingga ke tengkuk dan dada. Mata anda akan melotot dan terasa perih karena tekanan.
  2. Jeratan pada leher juga menyebabkan penyumbatan saluran udara dan pembuluh darah ke otak serta tekanan pada syaraf vagus. Setelah itu, perut dan dada anda akan kejang karena diafragma berkontraksi dengan hebat untuk menghirup udara dan hal ini akan sangat menyakitkan.
  3. Wajah anda akan membiru dan sedikit membengkak. Muncul peteki di wajah dan mata akibat dari pecahnya kapiler darah karena tekanan yang lama. Kocokan pada tenggorokan dan dada saat berusaha bernafas membuat busa halus dan liur mengucur dari sudut bibir, bahkan pendarahan di dalam tenggorokan. Lidah anda akan menjulur otomatis seperti anjing. Anda sudah pasti tidak akan mampu bersuara karena rasa sakit dan kepanikan luar biasa yang belum pernah anda alami sebelumnya.
  4. Secara refleks tubuh anda akan kejang dan meronta-ronta, berayun kian kemari, tangan anda otomatis berusaha melepas tali yang mencekik leher anda. Semakin lama, gerakan meronta tersebut mengakibatkan patahnya tulang leher (di pangkal batang otak) dan menyebabkan pendarahan di otak serta putusnya saraf ke otak.
  5. Pandangan anda mulai kabur, kepanikan yang anda rasakan sudah tak bisa diungkapkan, kontraksi diafragma semakin menjadi. Diafragma yang over kontraksi ini pula yang menyebabkan banyak pelaku gantung diri mengeluarkan sperma pada pria atau darah pada wanita bahkan feses/kotoran dari duburnya.
  6. Gerakan tubuh anda perlahan akan lumpuh karena otak sudah tidak dapat mengontrol lagi tubuh sehingga dalam hitungan detik kesadaran anda akan menghilang, dan setelah itu mati. Na’udzu billah..!

Dalam Islam perbuatan bunuh diri termasuk dosa besar.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang membunuh dirinya sendiri dengan mencekik lehernya, maka ia akan mencekik lehernya pula di neraka. Barangsiapa yang bunuh diri dengan cara menusuk diri dengan benda tajam, maka di neraka dia akan menusuk dirinya pula dengan cara tersebut.” (HR. Bukhari no. 1365).

Demikianla, kenyataan bahwa seorang yang bunuh diri telah menyiksa dirinya sendiri. Tidak seperti yang dikira bahwa urusannya hanya menghilangkan nyawanya sendiri.

Dan bersama dengan itu, rasa pedih dan sakit luar biasa harus dia rasakan. Belum lagi sakit pada maut itu sendiri yang merupakan rasa sakit yang sangat pedih.

Disusul kemudian, dia akan mengadzab dirinya dengan tangannya sendiri di akhirat sesuai dengan dengan cara bunuh dirinya ketika di dunia. Padahal adzab neraka itu merupakan yang sangat dahsyat tiada bandingannya.

Masihkah anda ingin mengakhiri hidup dengan bunuh diri? (BG)

Baca Juga

Bunuh Diri Akibat Jiwa yang Sakit

Bunuh Diri Cerminan Jiwa yang Sakit

Jendelainfo.com – Mengingat kembali pernyataan Menteri Kesehatan di akhir 2016, serasa relevan dengan kejadian yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *