Beranda / Tips / Hobi dan Perjalanan / 8 Cara Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

8 Cara Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

Jendi – Tidak dapat dipungkiri bahwa bermain Game bagi kebanyakan kita adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan. Perasaan ini tidak saja dirasakan oleh anak-anak yang dunianya memang merupakan dunia bermain tetapi juga banyak dari orang dewasa yang bahkan mengandrungi aktifitas tersebut.

Meskipun begitu, tidak selamanya sesuatu yang menyenangkan tersebut berakibat baik bagi penikmatnya. Perlu bagi kita untuk tetap memperhatikan batasan-batasan permainan sehingga aktifitas tersebut tidak berdampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental pemain.

Dampak buruk permainan atau game ini yang seringkali dikeluhkan oleh para orang tua adalah kecanduan game pada anak.

Kecanduan game dikeluhkan karena hal itu membawa dampak buruk pada fisik dan psikologi anak seperti menjadi pemalas, pemarah, bahkan menjadi pencuri yang merupakan perbuatan yang tidak diharapkan oleh orang tua manapun terjadi pada anaknya.

Lantas bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut ini adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan Game pada anak.

Cara Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak:

Usaha Pencegahan Sebelum Terjadinya

1. Berikan perhatian pada aktifitas keseharian anak. Kesibukan orang tua bekerja seringkali menjadikan waktu yang disediakan untuk memberi perhatian pada aktifitas keseharian si anak menjadi terbatas.

2. Menjalin komunikasi yang baik dengan anak.Menjalin komunikasi yang baik berarti mengajak anak-anak bercengkerama, berusaha mendengar dan memahami keluhannya, serta secara bersama-sama dengan sang anak mencari solusi terhadap permasalahan yang dikeluhkan si anak.

3. Tidak bermudah-mudahan memberikan anak fasilitas Game. Seorang anak butuh bermain itu betul, dan tugas serta kewajiban orang tuanyalah untuk menyediakan sarana dan prasana permainan bagi anak. Hal ini karena tentu saja seorang anak belum tentu dapat menyediakan sarana dan prasarana permainan mereka sendiri. Orang tua perlu membantu anak untuk memilah dan memilih bentuk serta jenis permainan yang bermanfaat.

4. Sibukkan anak-anak dengan ilmu yang bermanfaat. Terutama ilmu agama. Karena itu sangat bermanfaat dan mereka butuhkan untuk akhirat mereka.

Sungguh sangat terpuji jika anak-anak dididik untuk mau menghafal Al-Qur’an.

5. Tanamkan kepada jiwa anak-anak perasaan senantiasa diawasi oleh Allah Ta’ala. Bahwa segala gerak gerik kita, kapan pun dan di mana pun tak akan lepas dari pengawasan Allah.

Cara Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

Pertanyaannya, bagaimana bila saat ini sang anak sudah kecanduan Game? Beberapa tips berikut mungkin dapat dipertimbangkan dan semoga ada manfaatnya.

6. Alihkan perhatian sang anak dari Game, semampu kita. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk hal ini seperti mengajak sang anak beraktifitas di luar ruangan secara bersama-sama serta rutin.

Selama kegiatan di luar ruangan tentunya kita harus dapat membuat sibuk sang anak serta mengalihkan perhatiannya dari Game. Banyak kita temui di tempat-tempat wisata yang orang tua justru terlihat sibuk sendiri dengan dunianya serta anak sibuk sendiri dengan Game-nya.

7. Berikan san anak tanggung jawab pribadi yang dapat membatasi waktunya bermain Game. Tanggung jawab tersebut dapat berupa belajar pada rentang waktu tertentu, pekerjaan rumah, atau hal-hal lainnya yang harus diselesaikan si anak sebelum boleh untuk melanjutkan aktifitasnya bermain game.

8. Konsultasikan dengan ahlinya. Patut diingat, kekerasan pada anak bukanlah solusi. Hindarilah marah berlebihan terlebih berupa kekerasan fisik pada anak saat mereka kecanduan Game.

Kesalahan sang anak boleh jadi merupakan kesalahan kita juga yang luput memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan si anak pada awal mulanya. Maka, konsultasikan kepada ahlinya apabila dirasa memang anada sudah merasa tidak sanggup mengendalikan kecanduan Game sang anak.

Demikianlah delapan cara mengatasi kecanduan game pada anak yang dapat ditempuh sebagai usaha untuk mengatasi kecanduan game pada anak. Selamat berusaha dan mohon kepada Allah untuk hasil terbaiknya. AJB

Baca Juga

INILAH DOSA ORANG TUA KEPADA ANAK

INILAH DOSA ORANG TUA KEPADA ANAK

INILAH DOSA ORANG TUA KEPADA ANAK – Saat terlahir, seorang anak berada di atas fitrah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *