Beranda / Warta / Bercanda tentang Bom, WNI Ditangkap di Saudi

Bercanda tentang Bom, WNI Ditangkap di Saudi

Jendelainfo.com – Telah datang peringatan dari Rasulullah shalallahu alaihi wasallam,

“‏ وَيْلٌ لِلَّذِي يُحَدِّثُ بِالْحَدِيثِ لِيُضْحِكَ بِهِ الْقَوْمَ فَيَكْذِبُ وَيْلٌ لَهُ وَيْلٌ لَهُ ‏”

“Celakalah siapa yang menyebutkan suatu ucapan untuk membuat manusia tertawa karenanya dan dia berdusta dalam ucapannya itu. Celaka dia !!!!! Celaka dia!”

(H.R Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasai dan Al Baihaqi)

WNI Ditangkap karena Bercanda

Dua warga negara Indonesia (WNI) yang melaksanakan umrah di Arab Saudi ditangkap dan ditahan kepolisian Jeddah. Kepolisian Jeddah menahan kedua WNI karena menganggap serius candaan mereka soal membawa bom. Padahal keduanya tak membawa bom.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, saat ini Kementerian Luar Negeri memfasilitasi keluarga mereka di Jeddah dan memberikan bantuan serta pendampingan. “Ada proses penyidikan yang dilakukan kepolisian Jeddah. Kami harap kasus ini tak dibawa ke pengadilan,” katanya, Rabu (18/1).

Upaya negosiasi untuk membebaskan dua WNI di Jeddah tersebut terus dilakukan. KJRI menjamin perkataan kedua WNI soal bom itu hanya bercanda. Selain itu, juga ada jaminan jika pihak bersangkutan untuk tak mengulangi perbuatannya.

Ia berharap dua WNI itu bisa pulang ke Indonesia segera. Sebenarnya candaan soal bom bukan pertama kali terjadi. Ada juga warga asing yang pernah bercanda soal membawa bom.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

لاَ يُشِيرُ أَحَدُكُمْ إِلَى أَخِيهِ بِالسِّلاَحِ فَإِنَّهُ لاَ يَدْرِي أَحَدُكُمْ لَعَلَّ الشَّيْطَانَ يَنْزِعُ فِي يَدِهِ فَيَقَعُ فِي حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ

“Janganlah salah seorang kalian menunjuk kepada saudaranya dengan senjata, karena dia tidak tahu, bisa jadi setan mencabut dari tangannya, lalu dia terjerumus ke dalam neraka.” (Muttafaqun ‘alaih dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)
Demikian pula sabda beliau,

‏ مَنْ أَشَارَ إِلَى أَخِيهِ بِحَدِيدَةٍ فَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ تَلْعَنُهُ حَتَّى وَإِنْ كَانَ أَخَاهُ لأَبِيهِ وَأُمِّهِ

“Barang siapa mengacungkan besi kepada saudaranya, para malaikat akan melaknatnya, meskipun ia saudarakandungnya.” (HR. Muslim dan at- Tirmidzi dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Sekali lagi Arrmanatha mengingatkan, “Makanya kalau melakukan perjalanan ke mana pun jangan pernah bercanda dengan menyebut saya teroris. Jangan juga bercanda dengan menyebut saya membawa bom karena semua polisi di seluruh dunia menganggap ucapan semacam itu serius.”.

Ingatlah, BOM adalah urusan serius!!!

Baca Juga

Kerajaan Arab Saudi

Kebaikan Pemerintah Arab Saudi Terhadap Syiah dan Iran Meskipun Dimusuhi

Jendelainfo.com – Ulama Syiah terkemuka asal Irak, Moqtada al-Sadr, melakukan kunjungan ke Arab Saudi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *