Beranda / Ilmu / Contoh 4 Teks Hadits Nabi Tentang Hikmah, Keutamaan dan Keajaiban Sedekah

Contoh 4 Teks Hadits Nabi Tentang Hikmah, Keutamaan dan Keajaiban Sedekah

JendelaInfo.com – Terdapat banyak hikmah dan keutamaan di dalam sedekah. Di antara hikmah sedekah bagi pelakunya adalah akan Allah Ta’ala berkahi hartanya dan akan diselamatkan dari kejelekan-kejelekan serta harta kita akan terus berkembang.

Pintu-pintu rezekipun akan dibukakan bagi orang yang bersedekah dan akan dibukakan pula sebab-sebab bertambahnya harta, yang semuanya itu tidak diberikan bagi orang yang tidak bersedekah.

Berikut kami rangkumkan beberapa teks hadits Nabi dan artinya yang menyebutkan tentang hikmah sedekah, keutamaan sedekah dan mukjizat sedekah, diantaranya:

1. Ajaib, Sedekah itu pada Hakikatnya tidak akan Mengurangi Harta

نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Tidaklah sedekah itu mengurangi harta….” (HR. Muslim no. 2588 dan Tirmidzi no. 2029)

أَنَّهُمْ ذَبَحُوا شَاةً فَقَالَ النَّبِيُّ : مَا بَقِيَ مِنْهَا؟ قَالَتْ: مَا بَقِيَ مِنْهَا إِلَّا كَتِفُهَا. قَالَ: بَقِيَ كُلُّهَا إِلَّا كَتِفُهَا

(Suatu saat keluarga Rasulullah) menyembelih seekor kambing. (Setelah disedekahkan) Nabi Shollallaahu alaihi wassalam bertanya: “Adakah yang tersisa darinya?” Aisyah berkata: “Tidak ada yang tersisa kecuali bahunya.” Rasul pun menimpali: “(Justru) semuanya masih utuh (tersimpan), kecuali bahu (yang belum disedekahkan).” (HR. Tirmidzi)

2. Malaikat Mendo’akan Kebaikan untuk yang Bersedekah

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا؛ وَيَقُولُ الْآخَرُ: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Tidaklah suatu hari di mana hamba-hamba Allah masuk di pagi hari, melainkan selalu turun dua malaikat. Salah satu dari keduanya berdoa: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi mereka yang berinfak.’ Adapun malaikat kedua dia berdoa: ‘Ya Allah, berilah kebinasaan bagi mereka yang menahan sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Sedekah walaupun yang kita miliki jumlahnya sedikit

يَا نِسَاءَ الْمُسْلِمَاتِ، لاَ تَحْقِرَنَّ جَارَةٌ لِجَارَتِهَا وَلَوْ فِرْسِنَ شَاةٍ

“Wahai wanita-wanita muslimah! Janganlah seorang tetangga meremehkan untuk memberikan sedekah kepada tetangganya, walaupun hanya sepotong kaki kambing.” (HR. Bukhari dan Muslim)

اتَّقُوْا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ

“Takutlah kalian kepada api neraka walaupun kalian hanya dapat bersedekah dengan sepotong belahan kurma.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Sedekah Sebagai Penyebab Terlindung dari Api Neraka

يَا مَعْشَرَ النِّسَاءِ تَصَدَّقْنَ، فَإِنِّي أُرِيْتُكُنَّ أَكْثَرَ أَهْلِ النَّارِ

“Wahai sekalian kaum wanita, bersedekahlah. Karena diperlihatkan kepadaku mayoritas penduduk neraka adalah kalian.” (HR. Bukhari). (AH)

Baca Juga

Bantuan Kurma dan hikmah puasa Ramadhan

Materi Ringkas Puasa Ramadhan (1) : Pengertian, Dalil, Macam, Hukum, Syarat Sah, Rukun, Niat dan Hikmah Puasa Ramadhan

Jendelainfo.com – Berikut ini kami rangkumkan artikel puasa dan makalah Puasa Ramadhan secara ringkas: Pengertian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *