Beranda / Fokus / Kalimat Syahadat Agama Syiah Beda dengan Islam

Kalimat Syahadat Agama Syiah Beda dengan Islam

Kalimat Syahadat – Kaum muslimin sepakat bahwa pondasi Islam adalah rukun Islam, dan dua kalimat syahadat adalah salah satunya bahkan merupakan rukun paling utama. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskannya dalam sabdanya, diriwayatkan dari Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma; bahwa Nabi shallallaahu alaihi wasallam bersabda,

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلَا ةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَ الْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Islam dibangun di atas lima dasar: (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah subhanahu wa ta’ala dan Muhammad adalah utusan Allah subhanahu wa ta’ala, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) berhaji, dan (5) berpuasa pada bulan Ramadhan.” (HR. al-Bukhari no. 8 dan Muslim no. 16)

Di atas pondasi inilah bangunan Islam dididirikan. Sepakat ulama, bahwa barangsiapa mengingkari salah satu dari lima rukun Islam tersebut dihukumi murtad keluar dari Islam.

Sungguh sangat menyedihkan, ternyata Syiah mempunyai kalimat syahadat yang berbeda dengan kalimat syahadat kaum muslimin. Tidak hanya kalimat syahadat yang berbeda, namun ternyata kaum Syiah mempunyai “rukun Islam”, “rukun Iman”, “kitab suci”, dan “kitab hadits” yang berbeda pula dengan kaum muslimin.

Akibat perbedaan semua pokok ini mengakibatkan nyaris tidak ada persamaan antara Agama Islam dengan Syiah. Baik dari sisi aqidah, cara beribadah, akhlak, muamalah, semua berbeda. Kecuali ketika kaum Syiah ini menyembunyikan hakekatnya dengan cara bertaqiyah. (Baca : AQIDAH SYIAH RAFIDHAH TENTANG TAQIYYAH)

Namun sangat disayangkan banyak orang yang menyangka bahwa perbedaan antara Islam (khususnya Ahlus sunnah Wal jamaah) dengan kelompok Syiah Imamiyah Itsna Asyariyah dianggap sekedar dalam masalah khilafiyah Furu’iyah saja. Seperti halnya perbedaan antara NU dengan Muhammadiyah, antara Madzhab Syafi’iy dengan Madzhab Malikiy.

Bahkan sebagian kaum muslimin alergi ketika ribut-ribut masalah Sunni dengan Syiah.

Sebagian mereka berpendapat bahwa Syiah adalah Madzhab kelima di dalam Islam. Mereka juga berpendapat agar perbedaan pendapat tersebut tidak perlu dibesar-besarkan. Selanjutnya berharap, mengapa antara Syi’ah dan Sunni tidak bisa dilakukan pendekatan? Sebuah kesalahpahaman yang sangat berbahaya apabila kita mengerti pemaparan di atas.

Untuk itu perlu dirinci satu persatu perbedaaan-perbedaan prinsipil antara Islam dan Syiah.

Berikut ini adalah Syahadatnya kaum muslimin, sebagai mana termaktub dalam kitab-kitabnya sunni ahlussunnah wal jamaah, seperti dalam Arbain Nawawi hadits ke-3:

عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْن الخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: سَمِعْتُ النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: «بُنِيَ الإِسْلامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَنَّ مُحَمَّدَاً رَسُوْلُ اللهِ، وَإِقَامِ الصَّلاةِ، وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ، وَحَجِّ البِيْتِ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ» رواه البخاري ومسلم.

Dari Abu Abdirrahman Abdullah bin ‘Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhuma, berkata: aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Islam dibagun di atas lima hal: Engkau bersaksi tidak ada ilah yang berhaq untuk diibadahi kecuali Allah dan aku( Muhammad) utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, haji ke Baitullah, dan puasa Ramadhan.” Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim.

Sekarang kita bandingkan dengan syahadat versi agama Syiah yang ada pada link youtube berikut ini:

Islam dan Syiah adalah dua agama yang berbeda dan sulit mencari kesamaannya. Masih gak yakin Syiah merupakan agama lain di luar Islam? Simak paparan bukti-bukti yang telah lalu dan selanjutnya insyaAllah.

Baca Juga

nikah mut'ah

AQIDAH SYIAH RAFIDHAH TENTANG NIKAH MUT’AH DAN KEUTAMAANNYA

Nikah Mut’ah adalah nikah kontrak dalam waktu tertentu. Jika sudah habis masanya maka terputuslah ikatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *