Beranda / Internasional / Keseriusan Saudi Memerangi Terorisme dan Sumber Permasalahannya

Keseriusan Saudi Memerangi Terorisme dan Sumber Permasalahannya

Jendelainfo.com – Sebagaimana diberitakan oleh akhbaar24.arqaam.com, Muhammad Bin Salman menegaskan bahwa tidak ada negoisasi dengan Iran, sekaligus adanya kemungkinan untuk dapat mengalahkan ISIS dengan kerjasama dan dukungan dari keberadaan negara-negara kuat seperti Saudi Arabia dan Mesir.

Disampaikan oleh beliau, Deputi Putra Mahkota sekaligus Menteri Pertahanan sang Amir Muhammad bin Salman bahwa Kerajaan Saudi Arabia menilai Iran merepresentasikan “tiga penyakit utama di kawasan Timur Tengah”.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa ketiga penyakit dimaksud adalah Ideologi yang melampaui batas, kekacauan dan ketidakstabilan, serta terorisme.

Sebagaimana juga dikutip dalam wawancaranya dengan majalah Amerika, “Foreign Affairs”, Muhammad bin Salman menekankan bahwa tidak ada poin negosiasi apapun dengan pemerintah Iran, selama pihak Iran masih dan terus-menerus menjadi sumber ideologi ekslusif dan terlibat dalam terorisme serta melakukan intervensi terhadap kedaulatan negara-negara lain.

Bahkan, kembali beliau menyebutkan bahwa Saudi Arabia akan merugi apabila tetap menjalin kerjasama dengan Iran dalam kondisi tersebut. Hal ini semakin menegaskan pandangan Saudi Arabia terhadap Iran sebagai sumber masalah.

Menanggapi situasi semakin merebaknya berbagai aksi kekerasan dan beragam tindakan radikal yang dilakukan oleh kelompok ISIS serta Al-Qaeda, Deputi Putra Mahkota menunjukkan kegalauannya terhadap pengaruh negatif akibat penyebaran ISIS di Iraq dan Suriah. Kesan itu ditangkap di antara keyakinan beliau bahwa ada kemungkinan untuk dapat menghancurkan kelompok-kelompok tersebut dengan dukungan keberadaan negara-negara kuat di kawasan Timur Tengah. Sebut saja seperti Mesir, Yordania, Turki, dan Kerajaan Saudi Arabia.

Muhammad juga menjelaskan langkah yang diambil oleh Kerajaan Saudi Arabia berupa pemberian dana bantuan pembangunan bagi negara di kawasan Afrika, bekerjasama dengan organisasi-organisasi internasional. Hal itu adalah wujud peran serta Saudi dalam upayanya turut andil dalam usaha memerangi berbagai ancaman yang semakin meningkat dari kaum ekstrimis radikalis di Afrika. Dan ini adalah sekaligus sebagai upaya membendung perkembangan ISIS dan berbagai aktivitasnya di sana. (Ahmad)

Baca Juga

Kerajaan Arab Saudi

Kebaikan Pemerintah Arab Saudi Terhadap Syiah dan Iran Meskipun Dimusuhi

Jendelainfo.com – Ulama Syiah terkemuka asal Irak, Moqtada al-Sadr, melakukan kunjungan ke Arab Saudi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *