Beranda / Internasional / LAGI.. PEMBANTAIAN KAUM MUSLIMIN DI ROHINGYA

LAGI.. PEMBANTAIAN KAUM MUSLIMIN DI ROHINGYA

Jendelainfo.com – Beberapa hari terakhir telah terjadi pembantaian terhadap orang-orang tidak bersenjata, anak-anak, perempuan, orangtua. Sungguh sadis.

Kematian ratusan orang Rohingya di Myanmar disebut sebagai genosida rohignya yang ditujukan untuk komunitas Muslim di wilayah tersebut.

Hampir 400 orang tewas dalam pertempuran yang telah mengguncang barat laut Myanmar selama seminggu terakhir. Jumlah ini berdasarkan data terbaru. Konflik bersenjata ini juga membuat sekira 20 ribu Muslim Rohingya melarikan diri dari Myanmar ke Bangladesh. Sebagian besar dalam kondisi sakit dan terluka.

Peristiwa ini mungkin merupakan tindak kekerasan paling mematikan yang menelan korban minoritas Muslim Rohingya di negara tersebut dalam beberapa dasawarsa. Tentara Myanmar sendiri mengaku sedang melakukan operasi pembersihan terhadap orang muslim  yang mereka anggap teroris ekstremis untuk melindungi warga sipil.

Gubernur NTB, Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB)  mengaku heran lantaran komunitas internasional seperti menutup mata dan tidak ada pernyataan yang keras apalagi hukuman atau sanksi kepada Pemerintah Myanmar. Padahal, dari sisi kemanusiaan, dan nilai-nilai agama, TGB meyakini tidak ada satu agama pun yang mengajarkan pembantaian seperti itu.

“Jadi dari seluruh sisi yang ada, kita semua di NTB meminta pemerintah pusat bersikap lebih tegas, tragedi ini tidak bisa dibiarkan ada,” kata TGB menambahkan.

Seperti diliput oleh okezone, dalam Rapat Paripurna, Kamis (31/8/2017), sejumlah anggota DPR RI silih berganti interupsi menyampaikan kecaman terhadap Myanmar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *