Beranda / Warta / MENYIKAPI SIKLON TROPIS CEMPAKA

MENYIKAPI SIKLON TROPIS CEMPAKA

Beberapa hari yang lalu situs resmi pemerintah Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menampilkan pengumuman. Pengumuman tersebut terkait terjadinya perubahan cuaca di beberapa daerah. Hal ini mengarah kepada meningkatnya potensi hujan lebat dan angin kencang puting beliung.

Perubahan cuaca ekstrim ini diprediksikan berdasar penemuan siklon tropis yang tumbuh sangat dekat dengan pesisir pantai Pulau Jawa yang diberi nama “Cempaka”.

Di situs tersebut pemerintah menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar mewaspadai efek-efek negatif yang akan ditimbulkan oleh perubahan cuaca yang ekstrim tersebut, sehingga diharapkan semua lapisan masyarakat bisa lebih siaga dalam menyikapi perubahan cuaca seperti adanya kesiapan untuk pencegahan dan penanganan banjir, longsor, jalanan licin, hingga pasangnya air laut.

Pembaca jendelainfo.com yang budiman, sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai rakyat untuk mensyukuri nikmat ini, yakni kenikmatan bagaimana pemerintah kita telah peduli dan perhatian kepada rakyatnya, dengan terus memantau dan merilis perkembangan cuaca di negara kita, sehingga dengan itu kita bisa lebih mawas atau setidaknya bisa minimalisir bahaya dan bencana yang diprediksikan. Oleh karenanya janganlah kita lewatkan begitu saja doa-doa yang kita panjatkan, hendaknya di sela-sela untaian doa kita, tiada rugi tuk diberikan juga porsi doa kebaikan bagi pemerintah kita, karena dengan baiknya mereka akan berimbas positif pula kepada kita sebagai rakyat jelata.

 

Pembaca jendelainfo.com yang budiman, tak kalah penting untuk kita sampaikan, bahwa jika prediksi cuaca ekstrim yang diumumkan itu memang benar-benar terjadi, hendaknya kita jangan meyakini bahwa terjadinya itu semata-semata karena adanya siklon tropis Cempaka, tapi kita harus meyakini bahwa sejatinya semua kejadian yang terjadi adalah memang murni kehendak Allah yang Maha Hikmah.

Adapun kemunculan siklon tropis Cempaka hanya sebatas sebab atau faktor pendukung dari kekuasaan mutlak yang dimiliki Allah Yang Maha Kuasa. Hal ini merupakan poin penting yang mesti dipahami oleh seorang muslim, yakni meyakini dengan harga mati bahwa semua kejadian yang terjadi adalah suatu takdir yang telah Allah taala kehendaki sebelumnya, Allah ta’ala berfirman,

《مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ》

Artinya:

“Tidaklah ada suatupun bencana yang menimpa di bumi dan (yang menimpa) pada dirimu sendiri, kecuali telah ada tertulis di dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah.” (QS. Al Hadid: 22).

Wallahu alam dan semoga bermanfaat. (Ulungtoto)

Baca Juga

taqwa

Video: Taqwa Kunci Kejayaan Umat di Dunia dan Akhirat

Natal Menurut Islam

Perayaan Tahun Baru dan Natal Menurut Islam

Semestinya seorang muslim menimbang segala ucapan dan perbuatannya dengan timbangan syari’at Allah Ta’ala. Bagaimana Islam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *