Beranda / Warta / Penjelasan Komando Koalisi tentang Serangan Perahu Bunuh Diri Syiah Houthi

Penjelasan Komando Koalisi tentang Serangan Perahu Bunuh Diri Syiah Houthi

Berikut ini adalah penjelasan dari Komando Koalisi tentang serangan perahu bunuh diri Syiah Houthi terhadap kapal fregat Arab Saudi dan tindakan yang telah diambil terhadapnya.

Komando pasukan koalisi pendukung pemerintah yang sah di Yaman mengeluarkan pernyataan pada hari ini 02/05/1438 H yang bertepatan dengan 30/01/2017 dengan mengumumkan bahwa sebuah kapal perang jenis Frigate milik Saudi Arabia ketika sedang berpatroli di sebelah barat pelabuhan kota Hudaidah telah mengalami serangan teroris oleh tiga perahu bunuh diri milik milisi pemberontak Syiah Houthi Yaman.

Komando Koalisi menjelaskan dalam pernyataannya bahwa kapal Saudi Arabia menghadapi perahu-perahu tersebut dengan mengambil tindakan yang dibutuhkan sesuai prosedur, tetapi salah satu perahu menabrak bagian belakang kapal sehingga menyebabkan meledaknya perahu tersebut dan munculnya kobaran api di bagian belakang kapal.

Segala puji bagi Allah bahwa kobaran api pada kapal berhasil dikendalikan dan dipadamkan oleh awak kapal. Akibat serangan perahu bunuh diri oleh pemberontak Houthi ini menyebabkan meninggalnya dua anggota kru kapal serta melukai tiga orang lainnya, dan alhamdulillah kondisi mereka masih baik.

Paska kejadian,  kapal Saudi Arabia tetap terus melanjutkan tugas patroli di wilayah operasi. Dengan dukungan Angkatan Udara Koalisi, kapal perang Saudi Arabia melakukan pengejaran dan penghancuran terhadap perahu-perahu pemberontak Houthi yang terlibat dalam penyerangan ini.

Komando Koalisi menegaskan bahwa aktifitas milisi pemberontak Houthi yang terus menggunakan pelabuhan Hudaidah sebagai basis operasi teror merupakan perkembangan yang membahayakan.Di antaranya berpengaruh kepada keamanan navigasi internasional dan menghalangi mengalirnya bantuan kemanusian dan kesehatan untuk pelabuhan dan warga Yaman.

Sumber: SPA

Baca Juga

ARAB SAUDI DAN 40 NEGARA MUSLIM AKAN MENGEJAR TERORIS SAMPAI MEREKA TERHAPUS DARI MUKA BUMI

Pasca serangan teror di Mesir, Arab Saudi bersama 40 negara Muslim bertekad memberantas teroris dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *