Beranda / Tips / Kesehatan / PENTINGKAH VAKSINASI MR DAN VAKSINASI LAINNYA?

PENTINGKAH VAKSINASI MR DAN VAKSINASI LAINNYA?

vaksinasi mr

VAKSINASI MR – Pemerintah melalui kementerian kesehatan saat ini sedang gencar mencanangkan dan mensosialisasikan program pemberian vaksin campak dan Rubella atau dikenal dengan vaksin MR (Measless Rubella)

Pelaksanaan program ini sudah mulai berjalan sejak pekan pertama Agustus 2017. Sebagaimana yang dilansir juga dari www.depkes.go.id, bahwa rencananya program pemberian imunisasi MR akan dilaksanakan dalam dua fase, yaitu pada Agustus hingga September 2017 di seluruh wilayah di Pulau Jawa, dan pada Agustus hingga September 2018 di seluruh provinsi di luar Pulau Jawa. Dan program pemberian imunisasi Measless Rubella (MR) ini ditujukan untuk anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun.

‘Strategi tersebut bertujuan mengendalikan kedua penyakit itu (campak dan rubella) yang kemudian diikuti peralihan pemakaian vaksin campak menjadi vaksin MR ke dalam program imunisasi,” kata Menteri Kesehatan RI, Prof. dr. Nila F Moeloek, Jumat (1/8).

“Imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan. Kita ingin mewujudkan anak Indonesia yang sehat dan berkualitas di kemudian hari,” lanjut Menkes lagi.

Program ini digencarkan oleh pemerintah melalui departemen kesehatan kemudian bergandengan dengan Lembaga Majelis Ulama Indonesia, karena sejak awal munculnya program vaksinasi ini menjadi polemik pro dan kontra di kalangan masyarakat. Salah satu yang mengkhawatirkan adalah adanya komponen haram dalam vaksin yang digunakan. Selain itu adanya penolakan dari sebagian masyarakat untuk melakukan imunisasi juga dipicu oleh pemahaman keagamaan yang keliru. Yakni imunisasi dianggap perbuatan yang mendahului takdir.

Menanggapi soal ini, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan surat Fatwa MUI Nomor 4 Tahun 2016 tentang Imunisasi. Fatwa ini diterbitkan pada 23 Januari 2016 lalu, berisi tentang fatwa halal terhadap proses dan kegiatan imunisasi.

Tak hanya dengan Fatwa itu, MUI juga memberi pernyataan dalam Surat Rekomendasi  yang dikeluarkan pada 31 Juli 2017. Dalam surat tersebut MUI menyatakan bahwa MUI mendukung program Kemenkes RI tentang kampanye dan pengenalan Imunisasi Measles dan Rubella (MR) tahun 2017 dan 2018.

Selain itu MUI juga memandang bahwa penyelenggaraan imunisasi, termasuk Measles Rubella (MR) adalah salah satu bentuk ikhtiar dalam mengantisipasi dampak negatif penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, (bukan sesuatu yang menyalahi takdir).

Selain fatwa dari Majelis Ulama Indonesia, juga sebagai pembanding dan bisa dijadikan contoh dan rujukan adalah di Negara Saudi. Dengan pemerintahan yang menjalankan syariat Islam, tetapi para Ulama yang menjadi dewan fatwa di negara tersebut juga mengeluarkan fatwa tentang bolehnya imunisasi atau vaksinasi. Sehingga dengan itu Kementerian kesehatan di Negara Saudipun mengeluarkan surat edaran tentang pentingnya vaksinasi di negaranya.

Bukan hanya itu, pemerintah Saudi telah mewajibkan dan mensyaratkan bagi jama’ah haji dari berbagai penjuru dunia untuk melakukan vaksinasi meningitis. Tidak heran jika di beberapa tempat di negara Saudi kita bisa menemukan tulisan spanduk himbauan dari kementerian kesehatan yang bertuliskan “No Hajj without vaccination”.

Mengaca pada vaksinasi meningitis dan vaksinasi lainnya, tentunya memiliki kasus dan pertimbangan yang sama, dilihat dari bahan pengadaan awal bibit vaksinnya.

Sedikit ulasan ini, semoga menjadi penambah wawasan bagi masyarakat yang saat ini masih berpolemik sehingga melihat program pemerintah tentang vaksinasi ini lebih terbuka dan tentu saja diharapkan kita turut mendukung dan menyambut baik program vaksinasi secara umum dan vaksinasi MR secara khusus.

Baca Juga : 

Inilah Rahasianya Kenapa Jenggot Baik untuk Kesehatan Lelaki
LUAR BIASA! INI RAHASIA 5 MANFAAT PUASA UNTUK KESEHATAN JASMANI DAN ROHANI
10 Efek Negatif Telepon Seluler Bagi Anak

Baca Juga

Bantuan Kurma dan hikmah puasa Ramadhan

LUAR BIASA! INI RAHASIA 5 MANFAAT PUASA UNTUK KESEHATAN JASMANI DAN ROHANI

Jendelainfo.com – Puasa Ramadhan adalah satu di antara ibadah yang diwajibkan oleh Allah bagi umat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *