Beranda / Fokus / Saudi Dirikan Badan untuk Pastikan Hadis tak Disalahgunakan oleh Teroris

Saudi Dirikan Badan untuk Pastikan Hadis tak Disalahgunakan oleh Teroris

Dengan maraknya aksi teroris yang mengatasnamakan Islam membuat citra Islam dan kaum muslimin semakin jelek. Bukan hanya bagi musuh-musuh islam itu sendiri, bahkan ummat Islam sendiri semakin takut untuk menampakkan atribut islam itu sendiri. Diantara bentuk pengkaburan yang dilakukan para teroris untuk melancarkan aksinya adalah dengan cara mengambil hadits-hadits Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wasallam sebagai pembenaran aksinya. Kerajaan Saudi yang selama ini sangat getol memberantas terorisme dan aksi teroris, baru-baru ini melalui Kementrian Informasinya akan membentuk lembaga yang bertugas memberantas teks-teks palsu yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Dengan demikian diharapkan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak disalahgunakan oleh para militan teroris.

Lembaga tersebut rencananya beranggotakan pakar-pakar Islam di seluruh dunia dan berkedudukan di Madinah. Lembaga ini dibentuk berdasarkan dekrit Raja Salman.

Pada selasa (18/10/17) Kementrian Informasi Saudi mengatakan bahwa para pakar ini aka berusaha meminimalkan interpretasi ajaran Islam yang keliru dan dipakai untuk membenarkan aksi teroris.

Masih berdasarkan dekrit Raja Salman, lembaga ini akan dipimpin oleh syaikh Muhammad Hasan Alu Syaikh, salah seorang anggota Majelis Ulama Senior. Lembaga ini pula akan menentukan keaslian atau autentisitas hadits berdasarkan acuan ilmiyah.

Dan tidak diragukan lagi, bahwa kelompok-kelompok seperti Al Qaidah, ISIS paling banyak melakukan aksi teroris dengan cara mengambil hadits Nabi dalam mejustifikasi aksinya tersebut.

Baca Juga

taqwa

Video: Taqwa Kunci Kejayaan Umat di Dunia dan Akhirat

Natal Menurut Islam

Perayaan Tahun Baru dan Natal Menurut Islam

Semestinya seorang muslim menimbang segala ucapan dan perbuatannya dengan timbangan syari’at Allah Ta’ala. Bagaimana Islam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *