Beranda / Tips / Bisnis dan Keuangan / SWOT sebagai Alat Analisa Bisnis

SWOT sebagai Alat Analisa Bisnis

Jendelainfo.com – Ini SWOT, bukan SWAT. Pernah dengar istilah SWAT? Special Weapons and Tactics, jenis pasukan khusus di Amerika dengan perlengkapan tempur dan taktik spesial untuk tugas khusus.

Artikel kita ini tentang SWOT, Strength, Weakness, Opportunity, and Threats. Suatu metode, yang juga spesial, untuk menganalisa keadaan atau situasi dan kondisi kita sebelum menentukan strategi bisnis khususnya ketika dihadapkan pada pesaing.

Analisa SWOT mengajak kita untuk melihat ke dalam dan ke luar diri kita untuk dapat melakukan penilaian situasi dan kondisi secara baik. Unsur S dan W untuk melihat ke dalam diri. Unsur O dan T untuk melihat ke luar diri kita.

Manfaat Analisa SWOT

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan analisa SWOT untuk bisnis yaitu:

  1. Memahami bisnis Anda secara lebih baik;
  2. Menemukan kelemahan;
  3. Mewaspadai ancaman;
  4. Memperbesar keuntungan dari kesempatan;
  5. Mengambil manfaat dari kekuatan Anda;
  6. Membangun target bisnis serta strategi untuk mewujudkannya.

Berikut ini penjelasan secara singkat dari setiap komponen SWOT.

S, Strength 

Strength atau Kekuatan adalah kelebihan yang kita yakini ada pada diri kita. Suatu kelebihan yang sudah dipastikan kita miliki. Contoh, besarnya modal yang dimiliki, lengkapnya peralatan produksi yang dimiliki, resep roti istimewa warisan leluhur yang kita ketahui, atau bahkan usia yang masih muda dan penuh semangat. Itu adalah Strength.

W, Weakness 

Weakness atau kelemahan adalah apa yang kita ketahui terdapat pada diri kita dan dapat menghambat usaha atau bisnis yang akan dilakukan. Contoh mudahnya adalah semua kebalikan dari kekuatan, seperti tidak cukup modal, tidak dapat memasak makanan enak, atau yang lain yang dapat anda pikirkan tentang kelemahan diri anda. Wajar saja, manusia adalah makhluk yang lemah.

O, Opportunity

Marilah kita melihat keluar. Opportunity atau kesempatan apa yang ada di sana? Belum ada pedagang nasi bungkus? Belum ada pedagang herbal? Para pesaing membuat roti masih secara tradisional? Kemasan produk mereka masih terkesan asal-asalan? Ini adalah kesempatan kita. Kita ambil kesempatan tersebut dengan cara memposisikan produk kita di atas pesaing. Masih ingat tentang STP khan? Ini bagian P, Positioning.

T, Threats

Ini bagian yang menakutkan. Threats atau ancaman. Iya, dalam konteks bisnis, anda harus takut. Anda menghadapi pemain utama di pasar. Pengusaha bermodal besar. Peraturan pemerintah adakalanya dipertimbangkan sebagai ancaman. Anda sudah punya ijin usaha? Ijin dari Pengawas Obat dan Makanan? Bagaimana dengan berbagai pajak? Pengusaha yang baik akan patuh dan taat. Meskipun itu tadi, anda mungkin saja merasa terancam usahanya dikarenakan hal tersebut.

Contoh kesimpulan sebagai hasil analisa SWOT dapat seperti ini. Saya memiliki cukup modal dan keahlian untuk memulai usaha “Nasi Pecel”. Lokasi yang saya bidik, di sekitarnya belum ada pengusaha sejenis. Lokasi tersebut menjanjikan terbukti dengan keberadaan beberapa warung makanan. Harga sewa tempat di lokasi tersebut mahal. Strategi usaha sebaiknya bagaimana? Masih memungkinkan dengan cara membuka Mobil Kuliner “Nasi Pecel”. Usaha dimulai pukul 06.00 hingga 08.00, di Mobil parkir tepi jalan. Target konsumen yaitu pekerja yang tidak sempat sarapan pagi di rumah.

Setelah mengetahui hal ini, apa yang anda lihat di luar sana? Sudah siap untuk berbisnis? Lanjutkan… (WIS)

Baca Juga

china saudi

Inilah Kesepakatan Bisnis Jutaan Dollar antara Arab Saudi dan Cina

Jendelainfo.com – Dalam lanjutan lawatannya ke sejumlah negara di kawasan Asia, Raja Salman bin Abdul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *