Beranda / Tips / Teknologi Informasi / 11 Hal yang Harus Anda Ketahui dalam Membangun Website

11 Hal yang Harus Anda Ketahui dalam Membangun Website

Tidak ada jalan pintas ajaib untuk membangun website atau membuat halaman situs yang disukai dan didatangi berulang kali, tetapi jika Anda mengikuti sepuluh tips berikut insya Allah situs Anda akan semakin populer dan lebih mudah dibaca oleh pengunjungnya.
1. Ketahui target audience Anda, dan terus ingat itu selama Anda menulis
Mengetahui target sangat penting karena ini adalah sasaran kita. Jika target pembaca adalah komunitas tertentu, sudah tentu akan berbeda dengan target pembacanya adalah masyarakat umum. Hal ini akan terkait dengan pemberian top level domain seperti (.com, .org, .net dan sebagainya ).

2. Buatlah halaman yang pendek, jangan terlalu panjang.
Kemampuan membaca setiap orang sangat bervariasi. Halaman yang terlalu panjang akan membuat jenuh pembaca. Berikan fasilitas ‘read more’ jika memang tulisannya panjang.

3. Masukkan daftar isi di bagian atas jika isinya memang harus panjang.
Tips ini bersifat opsional hanya jika diperlukan saja. Biasanya jika anda memiliki ebook yang akan bisa dibaca online, maka hal ini sangat disarankan.

4. Jaga agar ukuran file gambar tetap kecil.
Ukuran file yang terlalu besar akan membuat performa browser Anda kurang baik. Jika gambar terlalu besar lakukan proses split.

5. Gunakan warna web yang standar.
Warna web sebaiknya tidak terlalu mencolok sehingga membuat pembaca kurang nyaman. Gunakan warna-warna yang lembut dan tidak mengganggu mata saat pengunjung menikamati website kita.

6. Jangan terlalu banyak teks, orang jarang membaca web secara keseluruhan, mereka hanya membaca sekilas.
Berikan highlight yang menarik untuk pembaca. Atura tulisan langsung kepada intinya saja dan tidak bertele-tele.

7. Selalu cek ejaan Anda.
Ini adalah syarat mutlak bagi penulis tapi sering luput. Dengan demikian, website kita tidak terkesan asal-asalan dan terlihat tidak profesional.

8. Pastikan link yang ada tidak ada yang terputus.
Teorinya suatu web dikatakan website adalah jika dipastikan setiap dokumen elektronik yang ada saling berhubungan dengan adanya hyperlink. Oleh karena itu, pastikan bahwa link yang tersedia tidak terputus.

9. Jelaskan alasan Anda mencantumkan link tertentu.
Sebenarnya ini bukan syarat mutak harus ada. Hanya saja, alasan mencantumkan ini lebih ke arah folosofis bagi Anda sebagai penulis.

10. Jangan lupa cantumkan halaman kontak di situs Anda
Alamat kontak juga merupakan syarat mutlak yang harus ada pada halaman website. Salah satu kriteria kualitas informasi adalah jika bisa dipertanggung jawab isi tulisan tersebut dan dapat diverifikasi kebenarnnya. Nah untuk dapat diverifikasi itulah kontak ini diperlukan.

11. Hindari Berita Hoax

Allah ta’ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًايُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَمَن يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu sekalian kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki amalan-amalanmu dan mengampuni dosa-dosamu. Barangsiapa mentaati Allah dan RasulNya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar” [Al-Ahzab : 70-71]

Biasanya situs yang memuat berita hoax akan menang di awal saja namun akhirnya akan jatuh dan rusak. Inilah yang membuat situs Anda ditinggalkan oleh orang-orang. Kemudian balasan di akhirat yang akan menjadi ancaman buat Anda.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda ;

وإن الكذب يهدي إلى الفجور وإن الفجور يهدي إلى النار

“Dan sesungguhnya kedustaan mengantarkan kepada perbuatan fujur dan perbuatan fujur mengantarkan kepada neraka” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Semoga bermanfaat (@tth)

Baca Juga

jika pki bangkit

BAGAIMANA JIKA PKI BANGKIT?

Jika PKI bangkit -Tentang isu kebangkitan PKI ada berbagai tanggapan dari masyarakat Indonesia. Mereka berlomba-lomba …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *