Beranda / Ilmu / 4 Hal Yang Perlu Diketahui Seputar Mandi Haid

4 Hal Yang Perlu Diketahui Seputar Mandi Haid

Jendelainfo.com – Berikut ini adalah 4 hal yang perlu diketahui seputar mandi haid:

1. Hukum Mandi Haid

Hukum mandi setelah selesai dari haid adalah wajib, sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda kepada Fathimah bintu Abi Hubaisy radhiyallahu ‘anha

“Hal tersebut (darah yang keluar) adalah dari urat (yang terputus), bukan darah haid. Apabila datang haid, tinggalkanlah shalat, dan apabila haid telah selesai, mandilah dan shalatlah.” (HR. al–Bukhari dan Muslim)

2. Tata cara mandi setelah suci dari haid adalah:

  • Mencuci kedua tangan.
  • Mencuci kemaluan kemudian mengusapkan tangan ke debu atau mencucinya dengan sabun.
  • Berwudhu dengan sebaik-baiknya, yakni dengan menyempurnakan tata caranya.
  • Menuangkan air ke atas kepala, lalu menggosok-gosok kepala dengan kuat sehingga air mencapai seluruh kulit kepala. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurai rambut atau melepas ikatan rambut.
  • Menuangkan air ke seluruh tubuh.
  • Selesai mandi, mengambil kapas/kain yang telah diberi misk atau wewangian lainnya untuk mengusap bagian kemaluan dan sekitarnya.

3. Melepas ikatan rambut ketika mandi haid.

Melepas ikatan rambut ketika mandi haid setelah suci hukumnya wajib. Sebab mandi haid tidak dilakukan berulang-ulang sehingga tidak mendatangkan kesulitan apabila ikatan rambut harus dilepas. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda kepada Aisyah, “‘Tinggalkanlah umrahmu, (mandilah) dan lepaslah ikatan rambutmu, bersisirlah, dan bertalbiahlah untuk haji.’ Aku pun melakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Disunnahkan menggunakan kapas/kain yang telah diberi misk/wewangian pada bagian yang terkena darah haid. Misk tersebut digunakan untuk amengharumkan bagian yang terkena darah haid (kemaluanya dan sekitarnya) dan menghilangkan bau yang tidak sedap. (Joko)

Baca Juga

bejana

10 Hal Yang Perlu Diketahui Seputar Darah Haid

Jendelainfo.com – Pembaca yang kami hormati, pada kesempatan ini kita akan membahas terkait dengan darah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *