Beranda / Ilmu / 5 Hal Penting Bagi Anda yang Berjumpa Ramadhan

5 Hal Penting Bagi Anda yang Berjumpa Ramadhan

Jendelainfo.com – Pembaca yang kami hormati, tidak terasa sebentar lagi kita akan berjumpa dengan bulan ramadhan semoga Allah memberikan taufiq kepada kita untuk bisa memanfaatkan bulan ramadhan sebaik-baiknya.

Pembaca budiman, ada 5 hal penting bagi kita yang berjumpa dengan bulan ramadhan yaitu:

Pertama: Merasa senang dan bergembira serta bersyukur kepada Allah kita bisa berjumpa dengan bulan Ramadhan tahun ini.

Bulan ramadhan, bulan yang penuh dengan kebaikkan dan keutamaan. Bulan dimana kita berpuasa sebulan penuh, bulan dimana kita melaksanakan shalat tarawih, bulan dimana doa-doa kita dikabulkan, bulan diamana kebaikkan marak dimana-mana. Maka kita menyambutnya dengan bergembira lagi bersyukur kepada Allah atas nikmat yang besar ini.

Allah Subhaanahu wata’aala berfirman:

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللهِ لا تُحْصُوهَا

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menghitungnya.” (an-Nahl:18)

وَمَا بِكُمْ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللَّهِ

“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya)”. (An Nahl: 53).

Kedua: Mengilmui Ibadah Puasa.

Tentu kita berharap amalan ibadah puasa kita dan ibadah kita yang lainnya diterima oleh Allah, selain ikhlas harus sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang hal ini tentunya dengan cara kita mengilmui atau belajar bagaimana tatacara puasa yang benar yang sesuai dengan tuntunan nabi shallallahu alaihi wasallam. Oleh karena itu kita harus semangat untuk menuntut ilmu yang dengannya kita bisa beribadah kepada Allah dengan benar.

Al-Imam Ahmad rahimahullah pernah berkata : “Wajib bagi setiap muslim untuk mencari ilmu yang bisa menjadikan tegak agamanya.

Maka beliau ditanya : “Ilmu apa itu ?

Dijawab oleh Imam Ahmad:
“Ilmu yang seorang tidak boleh jahil (bodoh) tentangnya, tentang shalatnya, puasanya dan yang semisal dengan itu”.

Ketiga: Memperbanyak beribadah kepada Allah.

Banyak ibadah yang bisa kita lakulan dibulan ramadhan ini, selain ibadah puasa dan shalat tarawih, kita bisa memperbanyak membaca al Qur’an, memperbanyak berdoa kepada Allah, memperbanyak shadaqah, umrah dibulan ramadhan, i’tikaf, memberi makan orang yang berbuka puasa dan ibadah yang lainnya. Yang itu semua memiliki keutamaan yang begitu besar.
Keempat: Meninggalkan Perkara-Perkara tiadak bermanfaat.

Sungguh bulan ramadhan adalah bulan dimana kita harus meningkatkan amal ibadah serta ketaatan kita kepada Allah. Bukan malah melewatkan dengan perkara yang haram atau sia-sia. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِي أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

”Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan jelek dan perbuatan jelek tidak ada kebutuhan Allah bagi hambanya untuk meninggalkan makan dan minum “ (HR. Bukhari dan Muslim).
Kelima: Bersemangat Untuk Menganjurkan/Mengarahkan Kepada Kaum Muslimin kepada kebaikan.

Antusias dan semangat kaum muslimin untuk melakukan kebaikan, ibadah dan ketaatan kepada Allah secara umum meningkat di bulan ramadhan, maka dari itu gunakan kesempatan ini untuk mengarahkan atau menganjurkan kepada mereka perkara-perkara kebaikan.

Rasululllah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا

“Barangsiapa yang mengajak kepada pentunjuk (kebaikan –ed), maka dia selalu mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dari pahala mereka sedikitpun” (HR. Muslim )
Itulah 5 hal penting bagi kita yang berjumpa dengan bulan rsmadhan. Semoga Allah memberikan taufiq kepada kita dan kaum muslimin untuk mengisi bulan ramadhan ini dengan berbagai  macam ibadah dan amalan ketaatan. (Joko)

Baca Juga

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun, Senjata Ampuh Lawan Kolesterol di Hari Raya

Jendelainfo.com – Lebaran telah tiba. Lapar dan dahaga selama bulan Ramadhan plus perjuangan ‘hidup mati’ saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *