Beranda / Tips / Teknologi Informasi / 99 Negara telah Diserang Teroris Cyber

99 Negara telah Diserang Teroris Cyber

Jendelainfo.com – Masifnya penggunaan perangkat teknologi informasi saat ini membuka kerentanan tersendiri atas bahaya serangan teroris Cyber. Ketergantungan terhadap perangkat teknologi yang demikian besarnya berusaha dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk mengambil keuntungan, termasuk di antara mereka adalah para teroris Cyber.

Saat ini sekitar 99 negara dilaporkan diserang malware yang juga dikenal dengan WannaCry ini. Di antaranya, Inggris, Amerika Serikat, Cina, Rusia, Spanyol, dan Italia. Perusahaan keamaan siber, Avast, mencatat ada 75 ribu kasus ini di seluruh dunia, terutama komputer berbasis sistem operasi Windows. “Ini sangat massif,” kata Jakub Kroustek dari Avast.

Ramai diberitakan bahwa sebuah jenis ransomware baru telah muncul dan diperkirakan bisa memakan banyak korban. Ransomware baru itu disebut WannaCry yang mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB (konektivitas Windows – Linux) yang dijalankan di komputer tersebut. Ditambahkan serangan Wannacry saat ini diduga sudah memakan banyak korban ke berbagai negara.

Program komputer malware tersebut mengunci ribuan komputer di banyak negara dan menyandera data mereka dengan tebusan sekitar US$ 300, atau sekitar Rp 4 juta, yang harus dibayarkan melalui Bitcoin.

BACA JUGA : Serangan Masif Teroris Cyber Meresahkan

Baca Juga

demonstrasi dan aksi terorisme

Empat Negara Teluk Masukkan Ikhwanul Muslimin dalam Daftar Teroris

Jendelainfo.com – Empat negara di Kawasan Teluk, Arab Saudi, Mesir, Bahrain dan Uni Emirat Arab …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *