Beranda / Ilmu / Ada Apa Di Balik Bencana yang Melanda?

Ada Apa Di Balik Bencana yang Melanda?

Jendelainfo.com – Para pengguna kendaraan bermotor mungkin perlu lebih berhati-hati serta meningkatkan kewaspadaan ketika mengendarai kendaraanya. Hal ini karena seringkali kendaraan yang ditumpangi harus berhenti mendadak atau menghindar lubang yang menganga di hadapannya. Saat ini di banyak daerah, jalan penghubung antara satu daerah dengan daerah lainnya mengalami kerusakan yang lumayan mengganggu lalu lintas perjalanan. Kemacetan panjang sering terjadi akibat kendaraan harus gantian melewati jalan yang tidak berlubang.

Di  sebagian daerah lagi, banyak tanah yang tiba-tiba longsor menutupi dan memutus jalan raya atau bahkan tidak jarang longsoran tanah menimbun perumahan warga masyarakat disekitarnya. Bantaran-bantaran sungai menjadi wilayah yang sangat mengkhawatirkan. Bahkan, yang tinggal di tengah kota pun tidak luput dari ancaman.

Belum lagi angin puting beliung menerjang, pohon pohon besar tumbang sampai ke akar akarnya, banjir merendam suatu kota, dan berbagai bencana alam lainnya melanda negeri.

Tahun ini, bisa dikatakan hujan terus mengguyurkan airnya seakan menjadi penyebab berbagai bencana alam yang menimpa.

Sungguh manusia kebanyakan mereka menyangka bahwa berbagai kerusakan yang terjadi hanyalah karena kerusakan yang terjadi tanpa ada sebab musababnya. Padahal didalam Al Qur’an dijelaskan bahwa munculnya kerusakan di daratan dan di lautan di sebabkan ulah tangan tangan manusia. Tentu ada hikmah di balik bencana.

Allah Subhanahuwata’ala berfirman:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“Telah tampak kerusakan di daratan dan di lautan, disebabkan oleh perbuatan tangan manusia. Allah ingin merasakan kepada mereka sebagian akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. ar-Rum: 41)

Jalan Berlubang
Jalan Berlubang

Ambil saja satu contoh jalanan yang banyak berlubang, ternyata diantara sebabnya adalah semakin sempitnya ruang gerak air dikarenakan selokan-selokan tempat mengalirnya air tertutup oleh bangunan. Tentu saja bukan hanya jalanan yang rusak namun derasnya hujan membuat genangan air yang diistilahkan dengan banjir.

(Baca: Bogor Berduka, Bencana Kembali Melanda)

Dan begitu banyak bencana alam lainnya yang ketika ditelusuri asal muasalnya ternyata disebabkan perbuatan manusia itu sendiri. (ABK)

Baca Juga

tanggap darurat bencana banjir dan longsor selama tujuh hari

Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Longsor Selama Tujuh Hari di Limapuluh Kota

Jendelainfo.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kaupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat telah menetapkan tanggap darurat bencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *