Beranda / Warta / Alhamdulillah! Somalia Diguyur Hujan

Alhamdulillah! Somalia Diguyur Hujan

Jendelainfo.com – Bencana kekeringan yang melanda Somalia 3 tahun terakhir ini menimbulkan dampak yang sangat besar bagi penduduknya. Bencana kelaparan tak terelakkan, akibat kekurangan bahan makanan karena tanaman yang tak lagi tumbuh. Tanah yang kering dan tandus tak lagi mampu mengeluarkan airnya. Hujan telah lama tak mengguyur. Ratusan jiwa meninggal atas musibah ini.

(Baca: 110 Orang Meninggal di Somalia dalam 48 Jam akibat Kelaparan)

Kekeringan terparah menerjang kawasan timur dan selatan Afrika. Kekeringan ini, selain berakibat pada kurangnya makanan juga menyebabkan banyak kasus dehidrasi akut. Hewan-hewan mati. Penderita kolera meninggalkan tajam.

(Baca: Duka atas Kekeringan di Somalia)

Hari ini Senin 15 Mei 2017 akhirnya Somalia diguyur hujan. Allah telah menurunkan hujan-Nya. Hujan deras mengguyur kota Kalabayr, wilayah Sool. Semoga ini menjadi pertanda turunya rahmat Allah bagi saudara-saudara kita kaum muslimin Somalia. Kenikmatan yang harus disyukuri.

Hujan merupakan rahmat Allah untuk manusia dan semua makhluk-Nya. Namun hujan juga bisa merupakan adzab bagi mereka yang mengkufuri kenikmatan yang Allah berikan.

Dengan berita gembira tersebut, tentunya kita iringi dengan kesyukuran kita kepada Allah. Bagi umat Islam di Indonesia, semoga ini menjadi pengingat bagi kita akan nikmat yang Allah karuniakan kepada kita selama ini. Kita hidup di Indonesia yang sentiasa bergelimang dengan kenikmatan besar, termasuk nikmat hujan.

Namun ditengah-tengah gaya hidup modern seperti saat ini, banyak orang mulai melupakan ajaran agamanya. Bahkan tak jarang di antara mereka berkeyakinan bahwa turunnya hujan karena bintang ini dan bintang itu. Karena bulan ini dan bulan itu. Ini merupakan keyakinan kekufuran (keyakinannya orang kafir dahulu).

Rasululloh bersabda, meriwayatkan firman Allah :
“Adapun yang mengatakan bahwa kita diberi hujan karena karunia Allah dan rahmat-Nya, maka ia telah beriman kepada-Ku dan kafir kepada bintang. Dan adapun yang mengatakan, kita diberi hujan karena bintang ini dan itu, maka ia telah kafir kepada-Ku dan beriman kepada bintang.” (Muttafaq alaih)

Kufur disini yang dimaksud adalah kufur nikmat, bukan kufur keluar dari Islam.

Selanjutnya sebagai muslim kita dituntunkan untuk melakukan beberapa amalan ketika turun hujan. Berikut ini bimbingan Islam ketika turun hujan :

1. Tuntunan pertama: Sungguh dulu Rasulullah ﷺ jika melihat hujan, beliau berdoa:

اللَّهمَّ صيِّبًا نافعًا

“Ya Allah turunkanlah hujan yang bermanfaat.”

Yakni hujan yang tercurah berlimpah, membawa kebaikan untuk bumi dan manusia, serta tetumbuhan dan hewan ternak.

2. Tuntunan kedua:

Berdoa kepada Allah di tengah turunnya hujan, karena ketika itu termasuk waktu dikabulkannya doa. Sebagaimana Nabi ﷺ bersabda: “Dua doa yang tidak akan ditolak:

“Doa ketika adzan dan doa ketika hujan turun.”

3. Tuntunan ketiga:

Ucapkanlah sesudah hujan reda :

مُطِرنا بفضلِ اللَّهِ ورحمتِهِ

Kami diberi hujan dengan sebab karunia Allah dan rahmat-Nya.

4. Tuntunan yang keempat :

Ketika hujan sangat deras dan khawatir membahayakan, sebagian mereka berdoa kepada Allah agar Allah menghentikan hujannya.
Cara ini bukan termasuk sunnah. Bahkan hendaknya ia berdoa dengan doa Rasulullah:

اللهمَّ ! حوالَينا ولا علينا اللهمَّ على الآكامِ والظِّرابِ
وبطونِ الأوديةِ ، ومنابتِ الشجرِ

“Ya Allah turunkanlah hujan di sekeliling kami, dan tidak dari atas kami. Ya Allah turunkanlah hujan di gunung, bukit, lembah dan di tempat tumbuhnya pepohonan.” (Muttafaq alaih).

Mengamalkan tuntunan Rasulullah (sunnah) merupakan kejayaan dan sebab dekatnya pertolongan Allah.

Semoga hujan-hujan berikutnya segera menyusul di kota-kota lainya di Somalia. Dan menjadi rahmat untuk mereka.

Baca Juga

orang meninggal di Somalia

Duka atas Kekeringan di Somalia

Jendelainfo.com – Saat ini, hampir tiga juta orang di Somalia menghadapi kerawanan pangan. Hal ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *