Beranda / Warta / Arab Saudi Kembali Berikan Amnesti ke WNI Terkait Kedaluwarsa Ijin Tinggal

Arab Saudi Kembali Berikan Amnesti ke WNI Terkait Kedaluwarsa Ijin Tinggal

Jendelainfo.com – Tidak henti-hentinya pihak Kerajaan Arab Saudi menunjukkan besarnya rasa kemanusiaannya. Setelah warga negara Arab Saudi memberikan ma’af kepada seorang TKI penyebab meninggalnya sang anak, kini giliran pemerintah arab saudi kembali berikan amnesti kepada para  pelanggar ijin tinggal.

Diberitakan oleh harian Kompas bahwa mulai Rabu (29/3/2017) ini,  pemerintah Arab Saudi akan memberikan amnesti atau pengampunan selama 90 hari kepada warga negara Indonesia (WNI) yang melewati masa izin tinggal (overstay) untuk menyerahkan diri secara sukarela dan mengurus kepulangan atas biaya sendiri.

Jika mereka mengikuti program pengampunan ini maka mereka tidak akan dikenai denda dan tidak akan dilarang untuk masuk kembali dengan visa baru.

Seorang anggota Tim Perlindungan Warga di KBRI Riyadh, menjelaskan, ada tiga langkah yang perlu dilakukan Tenaga Kerja Indonesia tak terdaftar untuk mendapatkan amnesti.

Pertama, mereka harus mendapatkan salinan data keimigrasian dari Kantor Imigrasi Arab Saudi. Selain itu, mereka mengurus Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) di KBRI atau KJRI, dan terakhir, mengurus visa atau izin keluar dari pemerintah
Arab Saudi.

“Bagi yang tidak memiliki dokumen, harus memiliki dokumen. Dengan membuat print-out paspor nya di imigrasi Arab Saudi,” ungkapnya.

TKI overstay atau yang tinggal melewati batas izin dan biasanya tak terdaftar pada umumnya tidak memiliki dokumen karena ditahan oleh majikan lama setelah berganti majikan atau kabur dari majikan sebelumnya.

Baca Juga

Tuduhan Terhadap Pemerintah Arab Saudi Yang Tidak Pernah Terbukti

Jendelainfo.com – Berikut ini adalah bagian terakhir rangkaian artikel bantahan terhadap tuduhan berbagai pihak terhadap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *