Beranda / Ilmu / AWAS, Kandungan Bahaya Narkoba Jenis Baru: TEMBAKAU SUPER CAP GORILLA

AWAS, Kandungan Bahaya Narkoba Jenis Baru: TEMBAKAU SUPER CAP GORILLA

Jendelainfo.com – “Ayo ngegors..!” Itulah istilah beken di kalangan anak muda sekarang untuk mengkonsumsi narkotika jenis baru yang dikenal dengan sebutan tembakau super “Cap Gorila”.

Kenapa disebut Gorila? Konon ketika menghisap tembakau super cap Gorila, seseorang seperti tidak bisa bergerak seakan-akan ditimpa seekor gorila besar. Kalau penggunanya bilang : “Longsor nih badan, berasa ga bertulang..!” setelah itu ada efek halusinogen.

Dalam kemasannya, kandungan yang terdapat pada tembakau cap gorila terdiri dari 100% bahan natural organik, yaitu Cengkeh, Lion’s Tail dan Wild Dagga.

Lion’s Tail atau wild dagga adalah tanaman yang memiliki nama latin _Leonotis leonurus_ yang bentuknya tampak persis seperti ekor singa. Tanaman ini mengandung bahan psikoaktif yang disebut _leonurine_.

Merokok dengan daunnya yang sudah dikeringkan dapat menyebabkan efek penenang. Adapun efek yang muncul dari merokok daun Dagga liar seperti iritasi paru-paru dan tenggorokan, pusing, euforia, dan perubahan dalam penglihatan Anda.

Sebenarnya kasus tembakau gorila sudah ada sejak lama. Tahun 2015 lalu, tembakau super cap gorila atau tembakau gorila sudah masuk dalam daftar narkoba jenis baru. Saat itu, Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN), Kombes Pol Slamet Pribadi mengungkap, Balai Laboratorium Uji Narkoba BNN menemukan tembakau gorila mengandung zat AB-CHMINACA. Zat itu berjenis Synthetic Cannabinoid. Tembakau ini memiliki efek halusinogen, cannabinoid (seperti ganja), dan toxic.

Tembakau gorila tersebut kini resmi telah masuk dalam golongan narkotik jenis satu sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 Tahun 2017 yang disahkan pada 12 Januari 2017.

Menurut Direktur Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Nico Afinta tembakau gorila sebenarnya hanya tembakau biasa yang diberi zat kimia sintetis 5-fluoro-ADB.

Jika anda mengkonsumsi tembakau gori maka bisa mengakibatkan efek lemot, hilang konsentrasi, malas bekerja dan beraktifitas, suka tidur, malas makan dan bisa menyebabkan ketergantungan.

Seperti keumumuman zat adiktif lainnya, tembakau ini juga bisa menyebabkan kehilangan kesadaran, kecanduan, dan menimbulkan tindak pidana seperti mencuri/mengambil barang dan dijual dan hasilnya untuk membeli barang ini. Bahkan nanti bisa melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam banyak riwayat bahwa khamr/minuman memabukkan/narkoba induk kejelekan.

Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash Radhiyallahu berkata dengan sanad yang shahih,

“Khamr adalah dosa besar yang paling besar. Tidak diragukan bahwa khamr adalah induk kejelekan. Orang yang meminumnya telah dilaknat dalam banyak hadits.”

Sangat disayangkan bahwa sebelum dilarang resmi oleh pemerintah Tembakau Super Cap Gorila itu dijual bebas di akun media sosial online dan penggunanya mayoritas berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa dan pekerja.

Padahal khamar, atau narkoba merupakan dosa yang sangat besar, orang yang meminum atau memakainya dan orang yang menjualnya mendapat laknat Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

لُعِنَتِ الْخَمْرُ عَلَى عَشْرَةِ أَوْجُهٍ: بِعَيْنِهَا، وَعَاصِرِهَا، وَمُعْتَصِرِهَا، وَبَائِعِهَا، وَمُبْتَاعِهَا، وَحَامِلِهَا، وَالْمَحْمُولَةِ إِلَيْهِ، وَآكِلِ ثَمَنِهَا، وَشَارِبِهَا، وَسَاقِيهَا

“Khamr dilaknat pada sepuluh sisi: zatnya, pemerasnya, orang yang minta diperaskan, penjualnya, pembelinya, pembawanya, orang yang minta dibawakan, pemakan harganya, peminumnya, dan pelayan yang menghidangkannya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

Untuk orang tua lebih berhati-hati dan mengawasi anak-anak nya agar jangan sampai anak-anak nya bergaul dengan para pemakai narkoba sehingga lambat laun anak tersebut ikut mengonsumsi nya. Perhatian, pendidikan agama, teman dan lingkungan yang baik diantara sebab dari kita dan anak-anak kita terhindar dari narkoba, tentunya adalah berdoa kepada Allah agar kita dan anak-anak kita dijauhkan dari narkoba.

Baca Juga

Bantuan Kurma dan hikmah puasa Ramadhan

LUAR BIASA! INI RAHASIA 5 MANFAAT PUASA UNTUK KESEHATAN JASMANI DAN ROHANI

Jendelainfo.com – Puasa Ramadhan adalah satu di antara ibadah yang diwajibkan oleh Allah bagi umat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *