Beranda / Ilmu / Begini Cara Memenuhi Hak Anak Akan Perlindungan Terhadap Terorisme

Begini Cara Memenuhi Hak Anak Akan Perlindungan Terhadap Terorisme

Jendelainfo.com – Pendidikan adalah dakwah. Pendidikan yang dalam bahasa Arab disebut tarbiyah, merupakan suatu tanggung jawab yang besar. Dan anak-anak kaum muslimin memiliki hak atasnya bersamaan dengan hak-hak lainnya.

Mengutip pernyataan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) di media massa nasional bahwa salah satu hak anak adalah mendapat perlindungan dari terorisme, baik sebagai korban langsung maupun tak langsung.

“Ini tanggung jawab seluruh pihak untuk memastikan pemenuhan hak ini,” kata beliau di Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Dijelaskannya, yang dimaksud sebagai korban langsung adalah anak menjadi korban aksi terorisme atau anak kehilangan hak pengasuhan serta kesempatan untuk mendapat hak kesehatan, pendidikan, dan sejenisnya akibat kejahatan terorisme.

Sedangkan sebagai korban tidak langsung, kata dia, anak terpapar ajaran radikalisme terorisme berbasis agama dari orang tua, lingkungan, maupun dari sumber lainnya termasuk media digital.

Amanat Bagi Orang Tua

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui. (QS. Al-Anfal: 27)

وَاعْلَمُوا أَنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ اللَّهَ عِندَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ

Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar. (QS. Al-Anfal: 28)

Anak-anak adalah amanat dari Allah. Diantara bentuk menunaikan amanat tersebut adalah membekali mereka dengan bekal terbaik bagi dunia dan akhiratnya. Dan sebaik-baik bekal adalah taqwa.

Pemberian bekal ini diantaranya melalui proses pendidikan atau istilahnya tarbiyah islamiyah. Proses pendidikan yang sesuai dengan tuntunan dan ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Maka, sebuah pendidikan Islam, baik yang dijalankan oleh individu maupun oleh sebuah institusi, harus menjunjung tinggi nilai-nilai risalah Rasul kita, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu, yang menjadi target mereka dalam dunia tarbiyah adalah sebagai berikut.

  1. Dalam lingkup ibadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala, targetnya adalah mewujudkan keikhlasan seluruh ibadah hanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala, karena ini merupakan tujuan terciptanya alam ini.
  2. Dalam lingkup pribadi, targetnya adalah membangun pribadi yang taat kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasul-Nya.
  3. Dalam lingkup masyarakat, targetnya adalah membangun umat yang beriman dengan individu-individu muslim yang taat tersebut, sehingga terwujud maslahat dunia dan akhirat.

Baca Juga

anak umur 13 tahun tenggelam

Anak Umur 13 Tahun Tenggelam di Semarang

Jendelainfo.com – Musibah siapa yang tahu, semua sudah ditakdirkan oleh Allah. Maka kewajiban bagi kita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *