Beranda / Uncategorized / Bogor Berduka, Bencana Kembali Melanda

Bogor Berduka, Bencana Kembali Melanda

Jendelainfo.com – Bogor berduka, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Jawa Barat, kembali melaporkan terjadinya bencana alam yang terjadi setelah hujan turun di wilayah itu, Selasa. Data yang masuk ke Piket Pusdalops-PB BPBD Kota Bogor pada hari Senin, 27 Februari 2017. Sampai pukul 20.30 WIB terdapat 33 wilayah yang mengalami bencana. Beberapa di antaranya disampaikan berikut ini.

Peristiwa pertama angin ribut atau puting beliung terjadi di RT 04/RW 03 Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sareal. Kawasan ini masih satu kelurahan dengan kejadian banjir yang menewaskan dua orang, Selasa.

“Ada dua rumah warga yang terdampak oleh angin kencang, pemiliknya bernama Imah dihuni enam jiwa dan Aduh dihuni tujuh jiwa,” kata Petugas BPBD Kota Bogor, Djaya Thoha.

Angin kencang menyebabkan sejumlah pohon di dekat rumah warga bertumbangan. Serumpun bambu berukuran besar, tumbang terangkut sampai akarnya, lalu pohon berkayu keras tumbang menutupi jalan setapak.

“Tidak ada korban jiwa, rumah warga hanya mengakami rusak ringat akibat pohon tumbang tertiup angin,” katanya.

Peristiwa bencana lainnya terjadi di wilayah Cimanggu, jalan setapak atau trotoar di depan Balitro Cimanggu amblas hingga satu meter. Jalan amblas tersebut juga mengikis bibir trotoar hampir setengah meter.

Penghibur lara bagi yang sedang berduka

Ingatlah bahwa Allah Subhanahuwata’ala berfirman:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“Telah tampak kerusakan di daratan dan di lautan, disebabkan oleh perbuatan tangan manusia. Allah ingin merasakan kepada mereka sebagian akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. ar-Rum: 41)

Di sisi lain, musibah merupakan bentuk ujian yang diberikan kepada manusia atau bahkan bisa menjadi bala. Kewajiban kita untuk bersabar, introspeksi diri dan segera memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya.

Allah ta’ala berfirman :

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersabar itu akan dipenuhi pahala mereka dengan tiada hitungannya.” (QS. Az Zumar: 10)

Semoga Alloh senantiasa memberikan kesabaran bagi mereka kaum muslimin yang tertimpa musibah.

Baca Juga

LONGSOR NGANJUK

Longsor Nganjuk, Warga Berduka, Musibah Kembali Menimpa Jawa Timur

Jendelainfo.com – Pusdalops BPBD Nganjuk, menginformasikan lima orang diduga tertimbun longsor Nganjuk. Berdasarkan informasi yang diterima, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *