Beranda / Warta / Bus Angkutan Mudik Tidak Layak Jalan Akan Dikandangkan

Bus Angkutan Mudik Tidak Layak Jalan Akan Dikandangkan

Jendelainfo.com – Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengancam tidak akan mentolerir bus angkutan mudik 2017 yang tidak laik jalan. “Kalau sampai saat arus mudik dimulai bus itu masih tidak laik operasi, kami kandangkan,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Andri Yansyah di Jakarta, Senin, 19 Juni 2017. Namun Dinas masih memberikan kesempatan kepada perusahaan otobus untuk memperbaiki armadanya.

DKI telah memeriksa atau melakukan ramp check terhadap bus-bus Antar Kota Antar Provinsi satu minggu sebelum Ramadhan. Jumlah bus yang telah diperiksa 710 unit. “428 unit atau 60 persen di antaranya dinyatakan tidak laik jalan,” ujar Andri.

Pemeriksaan kendaraan selama musim arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini dipusatkan di tiga terminal utama dan lima terminal bayangan. “Selain kondisi bus, kami juga memeriksa kelengkapan administrasi kendaraan sekaligus kondisi sopir,” kata Andri.

Musim arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini cukup panjang, mulai sejak H-10 hingga H+15 Lebaran. “Selama periode itu perusahaan yang bus-busnya masih tidak laik jalan harus segera memperbaikinya,” Tegasnya.

Bus-bus yang dinyatakan tidak laik jalan dalam periode mudik 2017 akan diusulkan kepada Kementerian Perhubungan untuk segera dicabut izin operasinya.

Pembaca, demikianlah salah satu bentuk perhatian yang baik dari pemerintah. Hal ini tentu di lakukan dalam rangka menjaga kenyamanan dan keselamatan pemudik. Oleh karenanya marilah kita dukung dan doakan pemerintah kita dengan doa kebaikan, semoga Allah memudahkan dan memberkahi usaha mereka dalam tugasnya. Amin. ( Adi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *