Beranda / Bimbingan Islam / Cara Bijak Mengatasi Persoalan Rumah Tangga

Cara Bijak Mengatasi Persoalan Rumah Tangga

Jendelainfo.com – Munculnya persoalan di dalam hidup berumahtangga adalah suatu kemestian. Besar atau kecil, sedikit mapun banyak, dinamika itu akan ada. Tetapi satu yang perlu diingat, sebesar apapun masalahnya hendaknya diusahakan untuk diselesaikan secara baik serta jauh dari keputusasaan dan mengesampingkan tindakan yang dibangun dari sikap ketergesaan, emosi apalagi tindakan nekat dan menyakiti.

Rumah Tangga yang bahagia bukan berarti kosong dari masalah. Rumah tangga yang bahagia akan terwujud ketika suami istri satu dengan lainnya bergaul dan berinteraksi dengan baik dan menahan diri dari hal yang dapat meyakiti pasangannya baik ucapan ataupun perbuatan. Allah Ta’aala berfirman;

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

“Dan pergaulilah mereka (istri-istri) dengan cara yang ma’ruf.” (QS. An-Nisa’:19).

Kalau memang masalahnya tidak ada jalan keluarnya selain pisah, setelah berbagai cara ditempuh, bicara dari hati kehati, nasehat, musyawarah dengan orang yang memiliki ilmu agama maka pisahlah dengan cara yang baik sehingga tidak menimbulkan masalah baru.

Bukan kalau ada masalah rumah tangga main kabur atau minggat dari rumah, atau main bunuh diri yang hal ini hanya akan memperkeruh masalah dan yang rugi dirinya sendiri dan anak-anaknya, belum lagi balasan yang akan dia terima diakhirat kelak

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

وَمَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِشَيْءٍ فِى الدُّنْيَا عُذِّبَ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Barang siapa membunuh dirinya sendiri dengan sesuatu di dunia, pada hari kiamat dia akan diazab dengannya (yang dia gunakan untuk bunuh diri, -ed).” (HR. Muslim).

Sungguh kerdil kalau aksi nekat dan bodoh dengan membunuh diri sendiri hanya ingin mencari simpati, apresiasi dari orang di cintai atau dari banyak orang, anda tidak akan mendapatkan hal itu, justru anda akan di cap sebagai orang bodoh, disamping perbuatan anda akan menyusahkan anda dan orang lain.

Mendekatkan diri kepada Allah, banyak berdoa, musyawarah kepada orang memiliki ilmu agama diantara langkah untuk menghadapai masalah yang ada. Munculnya persoalan rumah tangga sedapat mungkin kita hindari, bila bertemu jangan lari. (Joko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *