Beranda / Kesehatan / Daftar Penyakit yang Harus Anda Waspadai Selama Cuaca Ekstrem di Musim Hujan

Daftar Penyakit yang Harus Anda Waspadai Selama Cuaca Ekstrem di Musim Hujan

Jendelainfo.com – Curah hujan yang meningkat dan pada beberapa daerah disertai banjir adalah umum terjadi di wilayah tropis. Sampah yang menumpuk, serta suhu udara yang cepat berubah secara ekstrem memudahkan ketahanan tubuh menurun drastis.

Banjir yang datang biasanya juga disertai dengan membawa hanyut berbagai macam kuman penyakit, kotoran dan infeksi.

Nah, di artikel ini kami akan membahas macam-macam penyakit yang umumnya terjadi akibat cuaca ekstrem di musim hujan, diantaranya adalah:

Batuk Pilek dan Radang Tenggorokan

Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dapat berupa bakteri, virus dan berbagai mikroba lainnya. Cuaca yang ekstrem dapat menyebabkan daya tahan tubuh terhadap penyakit melemah.

Gejala utama dapat berupa batuk, pilek dan demam, kalau berat dapat/ mungkin disertai sakit menelan, sesak napas, nyeri dada dan lain-lain.

Untuk menangani penyakit ini, perlu istirahat, pengobatan simptomatis sesuai gejala, obat kausatif untuk mengatasi penyebab dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk mencegah penularan pada orang sekitar, antara lain dengan menutup mulut ketika batuk dan tidak meludah sembarangan.

Muntaber

Penyakit ini sangat erat kaitannya dengan kuman atau virus yang biasa mencemari makanan dan minuman. Pada saat banjir, sumber-sumber air minum masyarakat, khususnya sumber air minum dari sumur dangkal akan banyak ikut tercemar.

Tempat pengungsian umumnya memiliki fasilitas dan sarana serba terbatas termasuk ketersediaan air bersih. Hal tersebut potensial menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

Untuk mengatasinya pastikan setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut adalah yang terjamin kebersihannya. Rajin cuci tangan dengan sabun, konsumsi minum dan cairan untuk mencegah dehidrasi serta obat simptomatis jika diperlukan.

Alergi Dingin (Asma dan Dermatitis Alergi)

Asma atau biasa disebut “bengek/mengik” disebabkan karena adanya hipersensivitas pada saluran nafas. Perubahan cuaca khususnya cuaca dingin dapat menyebabkan saluran napas atau bronkus mengalami radang dan menyempit sehingga asmanya kambuh.

Penyakit kulit (Dermatitis) dapat berupa infeksi, alergi atau bentuk lain. Hujan dan banjir rentan membawa beberapa bakteri yang menyerang kulit. Penyakit kulit juga bisa disebabkan karena jamur akibat suhu yang lembab dan cuaca yang sangat dingin dapat menimbulkan kaligata/biduran bagi orang yang memiliki alergi dingin.

Untuk mengatasi serangan ini, penderita bisa menggunakan obat kulit sesuai penyebabnya hingga antibiotik.

Leptospirosis

Penyakit ini termasuk salah satu penyakit zoonosis, yakni ditularkan melalui hewan/binatang yang membawa kuman leptospira. Hewan utama penular leptospria adalah tikus melalui kotoran dan air kencingnya.

Pada musim hujan terutama saat terjadi banjir, tikus-tikus yang tinggal di lubang tanah akan ikut keluar menyelamatkan diri. Tikus tersebut akan berkeliaran di sekitar manusia di mana kotoran dan air kencingnya akan bercampur dengan air banjir tersebut.

Jika kita memiliki luka, kemudian terkena air banjir yang sudah tercampur dengan kotoran/kencing tikus yang mengandung bakteri lepstopira, maka orang tersebut potensi dapat terinfeksi dan akan jatuh menjadi sakit.

Untuk langkah antisipasi yaitu menekan dan hindari adanya tikus yang berkeliaran di sekitar kita, dengan selalu menjaga kebersihan; hindari bermain air saat terjadi banjir, terutama bila ada luka; gunakan pelindung misalnya sepatu boot, bila terpaksa harus ke daerah banjir dan segera berobat ke sarana kesehatan bila sakit berkepanjangan.

Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Chikungunya

Pada saat musim hujan, biasanya akan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk aedes aegypti yaitu nyamuk penular penyakit Demam berdarah dan Chikungunya.

Hal ini dikarenakan pada saat musim hujan banyak sampah misalnya kaleng bekas, ban bekas serta tempat-tempat tertentu yanh terisi air dan terjadi genangan untuk beberapa waktu. Genangan air itulah akhirnya menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk tersebut.

Baca Juga

Bahaya Disebabkan oleh Rokok

Penyakit Berbiaya Mahal yang Disebabkan oleh Rokok

Jendelainfo.com – Lima penyakit terkait rokok menjadi penyakit yang menghabiskan sekitar 25 persen dana Jaminan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *