Beranda / Ilmu / Dalam Hukum Qishash Ada Kehidupan

Dalam Hukum Qishash Ada Kehidupan

Jendelainfo.com – Maraknya pembunuhan yang terjadi di negeri ini  diantara sebabnya tidak diterapkan hukum qishas (hukuman mati bagi orang yang membunuh dengan sengaja). Diantara akibatnya adalah orang menganggap ringan atau enteng membunuh orang, tidak takut hukuman dari membunuh orang. Itu adalah diantara sebab banyaknya aksi kejahatan pembunuhan, selain mempunyai sebab-sebab lainnya. Padahal jika diterapkan hukum qishash,  didalamnya ada kehidupan.

Allah Ta’aala berfirman:

وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Dan dalam qishash itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, hai orang-orang berakal, supaya kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 179)

Karena apabila hukum qishash diberlakukan, manusia terhalangi untuk melakukan pembunuhan terhadap orang lain dengan demikian, kelangsungan hidup manusia akan tetap terjaga.

Hikmah Pemberlakuan Hukum Qishash

Meskipun syariat qishash dalam hal pembunuhan, nyawa dibayar nyawa, tidak sesederhana yang dibayangkan, dan bahkan hal itu tidak terlepas dari segala aturan yang terkait dengannya, tetapi secara tidak langsung, ketika ada seseorang  berkeinginan untuk membunuh orang lain, karena marah misalnya atau dendam dan tahu bahwa dia akan di qishash jika melakukannya maka diharapkan akan muncul rasa takut dengannya. Demikian sehingga dia tidak jadi membunuh dan dengan ini menjadi hiduplah orang yang sebelumnya hendak dibunuh. Hidup pula dirinya, karena ia tidak jadi membunuh sehingga qishash pun tidak berlaku padanya. (Joko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *