Beranda / Ilmu / Dampak Jelek Menolak Ajakan Suami Untuk Berhubungan Suami Istri

Dampak Jelek Menolak Ajakan Suami Untuk Berhubungan Suami Istri

Jendelainfo.com – Adakalanya masih saja ada di antara istri-istri kaum muslimin yang menolak ajakan suami untuk melakukan hubungan suami istri. Padahal, perkara ini bukanlah perkara yang ringan, bahkan perkara besar yang mempunyai dampak jelek didunia dan diakhirat.

Di antara dampak jeleknya adalah:

  1. Dia telah melakukan perbuatan haram.
  2. Dia telah melakukan perbuatan nusyuz (kedurhakaan) kepada suami.
  3. Dia akan mendapat laknat dari malaikat.

Dalil bagi ketiga hal diatas adalah sebuah hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِذَا دَعَا الرَّجُلُ امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فَلَمْ تَأْتِهِ فَبَاتَ غَضْبَانَ عَلَيْهَا لَعَنَتْهَا الْمَلاَئِكَةُ حَتَّى تُصْبِحَ

“Apabila seorang laki-laki mengajak istrinya ke ranjangnya, lalu istri tidak mendatanginya, hingga dia (suaminya –ed) bermalam dalam keadaan marah kepadanya, maka malaikat melaknatnya hingga pagi tiba.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Seharusnya yang dilakukan istri adalah memenuhi ajakan suaminya pada saat dirinya diajak berhubungan suami istri. Yang hal ini merupakan hak terbesar suami yang harus ditunaikan sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam;

إِذَا دَعَا الرَّجُلُ زَوْجَتَهُ لِحَاجَتِهِ فَلْتَأْتِهِ ، وَإِنْ كَانَتْ عَلَى التَّنُّورِ

“Jika seorang laki-laki mengajak istrinya untuk menyalurkan hajatnya (kebutuhan biologisnya -ed), maka hendaklah ia mendatangi suaminya, meskipun dia sedang berada di tungku perapian.” (HR. Ibnu Syaibah, at-Tirmidzi, ath-Thabarani dan berkata at-Tirmidzi Hadits Hasan Gharib)

Berkata al-Imam Syaukani rahimahullah, tentang hadits di atas: “Kalau dalam keadaan seperti itu saja tidak boleh seorang istri menyelisihi suami, tidak boleh tidak memenuhi ajakan suami sedangkan dia dalam keadaan seperti itu, maka bagaimana dibolehkan untuk menyelisihi suami selain dari kondisi itu.” (Nailul Authaar:269/231)

4. Dia telah menghalangi hak suaminya.

5. Dia sedang melakukan perbuatan yang membuat suaminya benci kepadanya.

6. Dia sedang melakukan penghancuran kehidupan rumah tangganya.

7. Dia sedang menjerumuskan suaminya kepada sesuatu yang haram.

Itu diantara dampak jelek seorang istri yang menolak ajakan suami untuk melakukan hubungan suami istri bukan karena udzur syar’i. (Joko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *