Beranda / Warta / Dubes Arab Saudi : Nyanyi Ketika Sa’i Jangan Sampai Terulang Lagi

Dubes Arab Saudi : Nyanyi Ketika Sa’i Jangan Sampai Terulang Lagi

Dubes Saudi untuk Indonesia Memperingatkan Teriakan dan Nyanyian Ketika Sa’i

Ibadah Sa’i tidak boleh dicampuri dengan nyanyian atau senandung, meskipun itu lagu kebangsaan, demikian disampaikan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syeikh Osama bin Muhammad Al-Shuaibi.

“Hal seperti itu tidak pantas dan tidak boleh, nanti kalau semua dibolehkan nyanyi lagu kebangsaan atau syiar-syiar yang di luar ibadah, (maka) nanti semua orang akan melakukan hal yang sama dan akan menimbulkan kegaduhan. Sama seperti dulu dilakukan oleh kelompok Syiah, mereka melakukan aksi unjuk rasa dan meneriakkan syiar-syiar mereka (ketika ibadah haji dan umrah). Jadi (tempat ibadah itu) khusus untuk beribadah/ dzikir kepada Allah, bukan untuk yang lain. ” kata Dubes Saudi Syeikh Osama sebagaimana dalam video yang beredar. Lebih tegas beliau katakan bahwa kegiatan itu jangan sampai terulang kembali.

Menyinggung tentang yang pernah dilakukan kelompok Syi’ah, jelas menunjukkan jeleknya perbuatan mereka, rendahnya adab, dan minimnya sopan santun.

Rasulullah telah menyampaikan bimbingannya,

“Sesungguhnya thawaf mengelilingi Baitullah, perjalanan antara Shafa dan Marwa dan melempar jumrah diadakan hanya untuk menegakkan Dzikrullah”. (HR Abu Dawud & Tirmidzi).

Namun demikian, Kedubes Arab Saudi tetap berbaik sangka. “Mungkin itu karena ketidaktahuan mereka atau kurang mengerti.” kata Kedubes menambahkan.

Demikian akhlaq dan sopan santun seorang muslim menyikapi kesalahan saudaranya.

Sebelumnya, beredar komentar di sebuah akun facebook bernama “Hubbul Wathon Minal Iman”, mengatakan “Yuk kita Lihat Pasti WAHABI, Setan, Jin Dan iblis Serta Bala Tentaranya Pada Kepanasan…!!” Komentar ini tertanggal 24 Feb pukul 6:09pm, sebagaimana tertera di laman akun.

Sungguh komentar yang sangat provokatif dan ada kesan arogan, serta jauh dari nilai kesopanan dan akhlak seorang muslim. Sehingga sulit jika dikatakan pelakunya tidak sengaja, dan sulit kalau dikatakan mereka tidak tahu, atau spontan.

Betapa mulia sikap baik sangka yang ditunjukkan oleh Kedubes Arab Saudi. Sebaliknya, sungguh memprihatinkan komentar di akun facebook tersebut.

Baca Juga

Ketua Banser Minta Maaf Setelah Ada Teguran Nyanyian Saat Sa’i

Jendelainfo.com – Pernyataan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi terkait ulah jama’ah Umroh Banser …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *