Beranda / Kesehatan / DUH SEGARNYA! INI ALASAN MENGAPA BLEWAH DAN TIMUN SURI MENJADI BUAH FAVORIT SELAMA RAMADHAN?

DUH SEGARNYA! INI ALASAN MENGAPA BLEWAH DAN TIMUN SURI MENJADI BUAH FAVORIT SELAMA RAMADHAN?

JendelaInfo.com – Saat Ramadhan tiba, ada dua buah yang tiba-tiba menjadi sangat popular dan menjadi favorit menu ta’jil (berbuka) puasa setelah kurma. Sebagian orang bahkan menganggap belum lengkap rasanya jika menu berbuka tidak dilengkapi sajian es blewah dan timun suri.

Cita rasa blewah dan timun sari memang lezat dan menyegarkan. Apalagi setelah diolah menjadi es buah, coctail atau sekedar menambahkan gula pasir saja. Rasa haus ketika puasa Ramadhan seakan hilang dan berubah menjadi segar kembali setelah menyantap blewah dan timun suri.

Perbedaan Blewah dan Timun Suri

Blewah termasuk jenis melon, bentuknya seperti labu mini yakni bulat lonjong dengan kulit berwarna jingga serta larik-larik kehijauan, baunya juga harum dan teksturnya seperti melon. Blewah sendiri rasanya sudah manis sehingga kalau membuat es blewah tidak perlu banyak gula dan sirup.

Cucumis sativus atau yang biasa dikenal dengan mentimun suri atau timun suri masih termasuk tanaman cucumber atau jenis timun besar. Timun suri ini dalamnya berwarna putih dan ada juga yang berwarna hijau.Teksturnya empuk dan seperti berpasir dan baunya lebih harum, tapi rasanya hambar.

Cara mengetahui apakah blewah dan timun suri sudah matang adalah dengan mencium baunya. Jika wangi dan ada sedikit retak pada permukaannya maka buah itu matang. Begitu juga ketika ditekan maka secara alami dagingnya akan terasa empuk.

Kandungan Blewah dan Timun Suri dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Blewah dan timun suri mengandung banyak air, fruktosa, mineral kalium, fosfor, vitamin C dan provitamin A serta serat makanan.

Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, dan menurunkan tekanan darah.

Harga Blewah dan Timun Suri

Harga timun suri dan blewah sendiri masih terjangkau, di pasar tradisional sekitar 3000-5000 rupiah/kg sedangkan sampai ke tingkat konsumen antara 10.000-15.000/kg tergantung kwalitas buahnya.

Resep membuat Es Blewah segar

Blewah sendiri lebih enak diserut dan dimakan dengan es sirup melon yang dicampur selasih, agar-agar, atau nata de coco.

Masukkan blewah yang sudah dikerok kedalam gelas saji yang sudah disiapkan secukupnya, tambahkan es batu yang diserut diatasnya lalu kucuri dengan sirup cocopandan dan susu kental manis putih dengan takaran sesuai selera. Es blewah segar siap untuk disajikan dan siap untuk dinikmati.

Resep Es Timun Suri Susu

Timun suri enaknya dibuat apa? Timun suri lebih nikmat dimakan dengan kuah kolak yang dingin, tapi dimasaknya terpisah, jadi timun suri dipotong dadu kecil dimasukkan ke dalam kuah kolak yang sudah dicampur dengan es serut. Beri tambahan gula merah, sirup, selasih, daging kelapa muda atau nata de coco kemudian kucuri susu diatasnya sesuai selera anda. (BG)

Baca Juga

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun, Senjata Ampuh Lawan Kolesterol di Hari Raya

Jendelainfo.com – Lebaran telah tiba. Lapar dan dahaga selama bulan Ramadhan plus perjuangan ‘hidup mati’ saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *