Beranda / Internasional / Dunia Islam Perlu Tiru Arab Saudi Bantu Muslimin Rohingnya

Dunia Islam Perlu Tiru Arab Saudi Bantu Muslimin Rohingnya

Jendelainfo.com – Laporan PBB baru lalu tentang kekejaman tentara Myanmar yang teramat dahsyat terhadap Muslim Rohingya seakan menghentak kesadaran. Merobek nalar. Di masa modern seperti sekarang ini, di era informasi tidak lagi dapat ditutupi, masih terjadi perilaku primitif kebinatangan terhadap manusia. Pembunuhan, penyiksaan, bahkan pemerkosaan, dilakukan oleh mereka penganut ajaran yang katanya welas asih.

Tanpa pemberitaan luas, tanpa gembar-gembor kampanye mencari simpati, pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengambil langkah cepat, tepat, dan strategis di bawah bimbingan Sunnah.

Rasulullah ﷺ bersabda :

و الله في عون العبد ما كان العبد في عون أخيه

“Allah subhanahu wa ta’ala akan senantiasa menolong hamba; selama ia selalu berusaha untuk menolong saudaranya.” HR. Muslim, no. 2699)

Arab Saudi bantu. Selain menampung pengungsi Rohingya di negaranya semenjak tahun 1968 dan memberikan status kewarganegaraan gratis pada 250.000 pengungsi, pada Agustus 2012 atas perintah Raja Abdullah pemerintah Arab Saudi juga telah memberikan bantuan bantuan dana sebesar US$50 juta (sekitar Rp 474 miliar) kepada Rohingya yang terkena konflik di Rakhine.

Dan nampak lah bahwa sudah jauh hari kabinet Saudi mengecam kekerasan di Rakhine sementara Organisasi Konferensi Islam (OKI) dalam pertemuan di Jeddah akhir bulan tersebut mendesak para anggota untuk mengirim bantuan kepada para pengungsi.

Kabinet Arab Saudi mengatakan, pemerintahnya “Mengutuk keras atas upaya pembersihan etnis dan terjadinya serangan brutal terhadap warga negara Myanmar dari etnis Rohingya beragama Islam. Kekerasan terhadap mereka sangat bertentangan dengan hak asasi manusia karena memaksa mereka pergi dari tempat tinggalnya.”

Bahkan, laporan di media resmi Saudi menyebutkan kelompok Rohingya “mengalami pelanggaran hak asasi termasuk pembersihan etnik, pembunuhan, perkosaan dan pengusiran.”

Dan di bulan Maret 2015, Kerajaan Arab Saudi telah memberikan izin tinggal (iqama) kepada 170 ribu pengungsi Muslim Rohingya di negara tersebut. Sementara masih banyak penduduk Rohingya lainnya tengah menjalani proses penerimaan iqama.

Adakah para pemimpin kaum muslimin akan mengikuti jejaknya?

Baca Juga

palestina

TERNYATA, TAHUN 2015 SAUDI MENYUMBANG 96 JUTA DOLAR UNTUK PENGUNGSI PALESTINA

Jendelainfo.com – Kepedulian seseorang atau sebuah negara terkadang bisa dilihat dari perhatian dan sejauh mana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *