Beranda / Warta / Fenomena “Om Telolet Om”

Fenomena “Om Telolet Om”

Jendelainfo.com – Frasa Om telolet om mendadak begitu menjalar (viral) di Indonesia. Fenomena Om Telolet Om bahkan telah menjalar ke berbagai penjuru dunia belakangan ini. Permintaan agar bus-bus membunyikan klakson dengan bunyi khasnya, telolet…telolet… menjadi sebuah pemandangan umum. Tidak cukup sekedar meminta bunyi klakson, banyak diantaranya kemudian direkam atau divideokan yang selanjutnya di unggah di dunia maya. Hal itu membuat kata-kata om tolelot om menjadi viral di dunia.

Konon, fenomena om telolet berawal dari kebiasan di sebuah daerah tempat sebagian anak-anak meminta bus-bus yang lewat membunyikan klakson bersuara khas. Hal itulah yang akhirnya menjadi viral akibat bayaknya media sosial yang mengsharenya.

Sebagian orang merasakan fenomena telolet ini sudah mulai mengganggu. Beberapa orang memberikan komentar-komentar terkait dengan pembicaraan, status di akun pribadi dan yang lainnya dengan menuliskan kata-kata om..telolet om. Hal ini tidak jarang membuat risih sebagian orang.

Di sisi lain, ada sebagian anak-anak yang duduk atau berdiri di dipinggir-pingggir jalan tol atau jalan  raya tanpa menyadari bahayanya. Bahaya yang mengancam anak itu sendiri dan juga orang lain.

Sesuatu yang pasti bahwa fenomena viralnya om telolet om dan banyaknya orang yang melakukannya, mengambil video di momen tersebut, selain tergolong perkara yang tidak bermanfaat dapat juga mendatangkan bahaya bagi dirinya. Apa yang dapat terjadi ketika ada anak-anak duduk dipinggir jalan raya meminta untuk dibunyikan klakson pada bus-bus? Sudah selayaknya bagi kita menimbang-nimbang ketika hendak melakukan seasuatu, apakah hal itu bermanfaat dan berdampak baik atau sebaliknya.

Jika hal tersebut tidak bermanfaat atau ada kemungkinan berbahaya hendaknya dia tidak melakukannya sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam,

مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيهِ

“Di antara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan dihasankan oleh Imam An-Nawawi rahimahullaah). (Joko, JendelaInfo)

Baca Juga

efek negatif telepon seluler

10 Efek Negatif Telepon Seluler Bagi Anak

Jendelainfo.com – Telepon seluler, dengan beragam jenis dan fasilitasnya merupakan sebuah ujian tersendiri bagi orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *