Beranda / Tips / Teknologi Informasi / GPU: Hardware untuk display yang bisa diutilisasi

GPU: Hardware untuk display yang bisa diutilisasi

Jendelainfo.com – Mendengar kata GPU, tentunya mindset kita tertuju pada salah satu brand obat gosok. Sebentar, bukan itu yang dimaksud. Bagi para pencinta Game, GPU pasti akan sangat dikenal. Berikut ini sekelumit tentang GPU.

GPU adalah singkatan dari Graphic Processing Unit. Nah, jika Anda menggunakan computer kenal dengan istilah CPU (Central Processing Unit) yaitu processor itu sendiri. Sayangnya kebanyakan kita mengatakan bahwa CPU itu adalah kotak besar (baca:casing). Semoga tidak salah terus menerus setelah membaca tulisan ini.

GPU adalah kartu grafis atau Video Graphic Adapter (VGA) yang memiliki banyak sekali core sehingga dapat digunakan untuk melakukan processing terutama aritmatika seperti layakanya CPU. Spesifikasi GPU makin baik tentunya kualitas grafis semakin baik. GPU dikembangkan oleh perusahaan grafis terkemuka NVIDIA.

Namun demikian, GPU tidak dapat berfungsi sebagai hardware untuk melakukan pemrosesan layaknya CPU jika tidak kita utilisasi. Makanya NVIDA mengembangkan CUDA sebagai arsitektur untuk dapat melakukan utilisasi GPU.

Apa itu CUDA ? Kita akan meneruskan pembahasan pada tulisan berikutnya ….
Selamat mengikuti ……

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *