Beranda / Internasional / Indonesia-Arab Saudi Kembali Tegaskan Pentingnya Kemerdekaan Palestina

Indonesia-Arab Saudi Kembali Tegaskan Pentingnya Kemerdekaan Palestina

Jendelainfo.com – Mengenang kembali saat hari Rabu, 10 Juni 1970, Presiden dan Ibu Tien Soeharto menyambut kedatangan tamu negara Raja Faisal dari Arab Saudi di Istana Merdeka. Di antara hal penting yang dicatat dari kunjungan kenegaraan Raja Faisal saat itu adalah ketika di dalam pidatonya, Presiden Soeharto mengemukakan sekali lagi sikap pemerintah Indonesia yang sepenuhnya berdiri di pihak bangsa Arab dalam perjuangan melawan Israel.

Presiden Republik Indonesia saat itu menyatakan bahwa Indonesia telah mengusahakan dengan segala jalan dan melalui berbagai forum agar Resolusi Dewan Keamanan PBB tahun 1967 dilaksanakan sepenuhnya. Indonesia juga berusaha agar hasil-hasil Konferensi Jeddah yang di prakarsai Raja Faisal dapat terlaksana demi penyelesaian krisis Timur Tengah.

(Baca: Indonesia-Arab Saudi: 1970-06-10 Presiden Soeharto Menerima Raja Faisal)

Dan setelah 47 tahun berlalu, tak hanya memikirkan mengenai kerja sama perdagangan dan invetasi, Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi juga akan berkomitmen dalam hal kemanusiaan. Salah satu yang akan terus diperjuangkan adalah pentingnya kemerdekaan Palestina.

“Kemerdekaan Palestina merupakan perjuangan. Ini harus terus dilakukan,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Rabu (1/3). Retno menjelaskan, Indonesia merupakan negara yang sangat konsen dengan penyelesaian berbagai konfik terutama yang berada di kawasan Timur Tengah. Penyelesaian konflik ini pun tidak akan melalui cara kekerasan, tapi dengan cara damai.

Dalam pembincaraan di Istana Kepresidenan, kedua pemimpin yakni Presiden Joko Widodo dan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud menekankan pentingnya bekerjasama dalam memajukan Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin. Indonesia bakal serius untuk mendorong pentingnya persatuan umat Islam dalam kemasalahatan umat di seluruh dunia.

Baca Juga

Tuduhan Terhadap Pemerintah Arab Saudi Yang Tidak Pernah Terbukti

Jendelainfo.com – Berikut ini adalah bagian terakhir rangkaian artikel bantahan terhadap tuduhan berbagai pihak terhadap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *