Beranda / Kesehatan / Ingin Tahu Alasan Kenapa Tidur dengan Lampu Menyala Itu Berbahaya?

Ingin Tahu Alasan Kenapa Tidur dengan Lampu Menyala Itu Berbahaya?

Jendelainfo.Com – Pada dasarnya tidur merupakan aktivitas yang bersifat fitrah alamiah yang dialami oleh setiap makhluk. Tidur merupakan kebutuhan pokok setiap makhluk hidup yakni kesempatan untuk beristirahat dari segala aktifitas harian.

Tidur utama adalah yang dilakukan saat malam hari. Ketika tidur malam, tubuh secara otomatis akan mengeluarkan hormon yang disebut melatonin.

Apa itu hormon melatonin? Hormon melatonin (5 Methoxy N acetryltryptamine) merupakan hormon yang berperan paling penting dalam regulasi fungsi biologis tubuh. Hormon melatonin menjadi hormon yang paling handal dalam mengatur kinerja hormon lainnya dalam sistem regulator pusat tubuh manusia.

Hormon ini diproduksi oleh kelenjar Pineal dan memiliki karakter paling sensitif terhadap rangsangan cahaya. Sayangnya untuk memproduksi hormon ini, sangat susah. Hormon melatonin bukan sekedar hormon yang bisa di produksi dengan cara biasa. Itulah alasannya mengapa hormon ini hanya bisa diproduksi pada malam hari saja ketika minim cahaya yang menyala.

Nah, Anda kalau tidur sukanya dengan lampu menyala atau gelap-gelapan? Penelitian para ahli menunjukkan bahwa kebiasaan tidur dengan lampu menyala itu bisa mempengaruhi kesehatan akibat berkurangnya produksi melatonin. Efek yang bisa muncul diantaranya adalah:

1. Meningkatkan resiko kanker

Salah satu fungsi dari hormon melatonin ini adalah mampu mengatur kinerja sel yang ada di dalam tubuh. Bukan hanya sekedar mengatur, namun bisa mengontrol keefisiensi dari kinerja sel tersebut. Sehingga setiap sel memiliki tugas yang pas sesuai dengan kemampuannya.

Nyala lampu bisa mengakibatkan produksi hormon melatonin terhambat atau bahkan berhenti sama sekali. Akibatnya pengaturan kinerja sel tubuh menjadi kacau, jika produksi sel tidak terkendali maka akan meningkatkan resiko kanker seperti kanker payudara pada wanita, kanker prostat pada pria dan leukemia pada anak-anak.

2. Obesitas dan kolesterol tinggi

Hormon melatonin yang terganggu produksinya akan menyebabkan proses metabolisme tubuh ikut terganggu. Nah, proses metabolisme yang terganggu bisa memicu meningkatnya berat badan (obesitas) dan tingginya kolesterol darah.

3. Penyakit Jantung dan Stroke

Hormon melatonin bisa bekerja untuk membantu memperlancar sistem peredaran darah anda. semakin aliran darah anda normal, maka kemungkinan terkena penyakit yang berhubungan dengan sistem regulasi juga semakin minim. Berkurangnya melatonin bisa meningkatkan resiko terhadap penyakit stroke dan jantung koroner.

Setelah tahu bahayanya, apakah Anda masih mau tidur dengan lampu menyala?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *