Beranda / Warta / Ini Pelajaran Penting dari Kecelakaan Puncak

Ini Pelajaran Penting dari Kecelakaan Puncak

Jendelainfo.com – Tak biasanya, Senin (24/5) di Jalan Raya Puncak Bogor, tepatnya di KM 47, satuan Satlantas Polres Bogor bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor menggelar razia gabungan. Razia pasca kecelakaan Puncak.

Tujuan razia ini untuk mengantisipasi kecelakaan bus yang sebelumnya terjadi. Kecelakaan maut yang terjadi Sabtu (22/5) lalu telah menewaskan empat orang korban. Untuk mengantisipasi agar tak terulang kejadian yang serupa, maka digelarlah razia ini.

Razia yang diperuntukkan bagi bus-bus ini meliputi pemeriksaan SIM bagi supir dan Surat Tanda Nomor Kendaraan KIR bagi kendaraannya. Tidak hanya itu, petugas razia juga memeriksa mesin dan sistem pengereman bus terhadap bus-bus yang dicurigai kelaikannya.

Tak ayal, bus-bus yang didapati tidak memenuhi standar jalan, akhirnya terkena tilang petugas dan para penumpang pun diminta turun untuk mengganti kendaraan lain atau menunggu bus pengganti datang. “Apabila kendaraan tidak laik dan berpenumpang, bus harus diganti terlebih dahulu dengan yang lebih laik,” tegas AKP Hasby Ristama selaku Kasatlantas Polres Bogor.

Kejadian di atas adalah salah satu bentuk perhatian yang baik dari pihak kepolisian Indonesia. Dengan diadakannya agenda razia seperti ini, diharapkan bus-bus yang standar jalannya kurang, tidak diijinkan beroperasi. Sehingga mudah-mudahan kecelakaan-kecelakaan yang fatal tidak terulang lagi.

Sebagai rakyat hendaknya kita menilai positif kegiatan ini. Jangan lupa, hendaknya kita senantiasa mendoakan bapak-bapak polisi yang sedang bertugas dengan kebaikan dan rahmat, agar mereka diberikan oleh Allah kesabaran dan kekuatan dalam melindungi dan melayani rakyatnya. Amin.

Hendaknya para pengguna jalan tanpa kecuali memperhatikan dan mengutamakan keselamatan. Mulai dari kelayakan kendaraan, rem, lampu resting, lampu rem, …dll, hingga sikap mental taat rambu-rambu dan peraturan lalu lintas. Lakukan ini dengan penuh kesadaran, di mana pun dan kapan pun. Bukan karena ada petugas patroli atau takut ditilang. Jika seperti ini, sungguh moral kita sebagai bangsa masih sangat memprihatinkan.

Perlu diketahui pula, bahwa mentaati peraturan lalu lintas juga termasuk ketaatan terhadap pemerintah. Yang mana, mentaati pemerintah merupakan salah satu perintah suci dan sangat penting dalam agama Islam. Sehingga patuh terhadap peraturan lalu lintas, di samping demi keselamatan dan ketertiban bersama, juga bernilai ibadah. Ketika itu dilaksanakan atas dasar kesadaran menjalankan perintah agama.

Maka, marilah kita tertib berlalu lintas. Semoga kejadian seperti kecelakaan Puncak tidak terulang kembali. (Ulungtoto).

Baca Juga

Pemudik Motor Terlindas Bus di Garut

Jendelainfo.com – Datangnya ajal, siapa dapat menduga, Muhana (63) meninggal dunia di tengah perjalanan mudik. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *