Beranda / Warta / Inilah Tanggapan Polisi Terkait Maraknya Kabar Penculikan Anak

Inilah Tanggapan Polisi Terkait Maraknya Kabar Penculikan Anak

JendelaInfo.com – Saat ini sedang marak kembali berbagai isu yang terbilang cukup meresahkan masyarakat. Hampir semua jenis media sosial menjadi perantara tersebarnya isu penculikan anak. Dikabarkan, dari pesan berantai yang beredar luas, para kawanan penculik anak itu disebut mengambil organ tubuh para korbannya.

Tentang kebenaran berita serta informasi tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono memastikan bahwa itu tidak benar. Sejauh ini pihaknya belum mendapatkan laporan mengenai adanya penculikan anak di kawasan yang disebut dalam pesan-pesan yang beredar itu.

Sebagaimana berita yang beredar, salah satu pesan berantai tersebut menyebutkan bahwa ada penculikan anak di Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan, Minggu (19/3/2017) kemarin. Pesan itu menyebutkan, pelaku berpura-pura gila saat ditangkap.

“Tidak ada laporan mengenai isu seperti ini,” ujar Argo kepada Wartawan.

Argo mengimbau agar warga tidak mudah percaya dengan isu yang beredar di media sosial. Sebab, isu tersebut belum tentu benar.

Kendati begitu, Argo tetap meminta para orangtua agar selalu waspada dalam menjaga anak mereka. Ia menyarankan agar para orangtua selalu mengawasi anak-anak mereka.

Menyebarkan Isu yang Meresahkan

Allah Subhanahu wata’ala mengingatkan kita tentang bahaya ucapan yang dusta. Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

وَٱجۡتَنِبُواْ قَوۡلَ ٱلزُّورِ ٣٠

“Dan jauhilah perkataan-perkataan dusta.” (QS. al-Hajj: 30)

Di ayat lainnya, Allah Subhanahu wata’ala juga memerintahkan kita untuk bersikap hati-hati dari berita orang yang fasik (yaitu pelaku dosa besar atau orang yang terus-terusan melakukan dosa kecil). Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِن جَآءَكُمۡ فَاسِقُۢ بِنَبَإٖ فَتَبَيَّنُوٓاْ أَن تُصِيبُواْ قَوۡمَۢا بِجَهَٰلَةٖ فَتُصۡبِحُواْ عَلَىٰ مَا فَعَلۡتُمۡ نَٰدِمِينَ ٦

“Wahai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesali perbuatanmu itu.” (QS. al-Hujurat: 6)

Demikianlah, semua ucapan dan perbuatan hamba akan dimintai pertanggungjawabannya di sisi Allah Subhanahu wata’ala, sebagaimana firman-Nya,

وَلَا تَقۡفُ مَا لَيۡسَ لَكَ بِهِۦ عِلۡمٌۚ إِنَّ ٱلسَّمۡعَ وَٱلۡبَصَرَ وَٱلۡفُؤَادَ كُلُّ أُوْلَٰٓئِكَ كَانَ عَنۡهُ مَسۡ‍ُٔولٗا ٣٦

“Dan janganlah kamu mengikuti (mengatakan) apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan dimintai pertanggungjawabannya.” (QS. al-Isra’: 36).

Baca Juga

Bercadar

Ingin Menyuap Polisi, Malah Kena Tampar

Jendelainfo.com – Adalah Adikson, seorang warga dari Kupang Nusa Tenggara Timur, mungkin akan mengambil pelajaran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *