Beranda / Ilmu / Jagalah Hak-Hak Allah subhanahu wa ta’ala

Jagalah Hak-Hak Allah subhanahu wa ta’ala

Jendelainfo.com – Sering manusia lupa terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. Padahal Allah yang menciptakan dirinya dan senantiasa memberikan berbagai macam kenikmatan yang tak terhingga banyaknya.

Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpesan,
احْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ
“Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu.” (HR.at-Tirmidzi dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma)

Seorang ulama besar, Ibnu Rajab rahimahullah menjelaskan tentang maksud dari sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam di atas, “Maksudnya, jagalah batasan-batasan Allah subhanahu wa ta’ala dan hak-Nya, perintah dan larangan-Nya, dengan cara menjalankan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya, dan tidak melampaui batasan-batasan-Nya. Hal ini mencakup mengerjakan seluruh kewajiban dan meninggalkan seluruh yang diharamkan.”

Inilah yang dimaksud dengan “menjaga Allah ”. Jadi, maksudnya bukanlah Allah subhanahu wa ta’ala membutuhkan penjagaan kita atau mengambil manfaat dari ketaatan kita. Sekiranya seluruh hamba menaati-Nya, kekuasaan-Nya tidak akan bertambah; sebagaimana tidak berkurang kekuasaan-Nya karena pembangkangan seluruh hamba-Nya. Allah subhanahu wa ta’ala Mahakaya lagi Mahaperkasa. Justru hambalah yang akan mengambil manfaat dari ketaatannya sebagaimana dia pula yang akan merasakan akibat dari dosanya.

Hak Allah subhanahu wa ta’ala terbesar yang harus kita jaga adalah mentauhidkan (mengesakan) Allah subhanahu wa ta’ala dalam hal ibadah, yakni kita tidak beribadah kecuali hanya kepada Allah satu-satunya. Apabila tidak menjaga hak ini, seseorang terancam akan batal seluruh amalannya. Dia terancam akan menjadi kekal di dalam neraka. Mestinya kita sebagai hamba benar-benar takut akan ancaman ini dan hendaknya kita sadar diri. Maka janganlah Anda berdo’a kepada orang mati, dukun, tempat keramat, atau pun lainnya. Janganlah Anda berdo’a kecuali kepada Allah. Jangan Anda bertawakkal kecuali kepada Allah. Semua jenis ibadah, tidak boleh ditujukan kecuali hanya kepada Allah satu-satunya.

Berikutnya ialah hak-hak Allah subhanahu wa ta’ala yang lain seperti shalat lima waktu dan pelaksanaan rukun-rukun Islam yang lainnya.

Jadi intinya, seorang muslim dituntut menjaga hak-hak Allah ‘Azza wa Jalla . Hak-hak tersebut tidak bisa diketahui kecuali dengan cara mempelajari ilmu agama.

Di samping hak-hak Allah subhanahu wa ta’ala yang harus dijaga, seseorang juga tertuntut menjaga hak-hak manusia dengan berbagai tingkatannya. Sebab, seorang tidak dikatakan baik sampai baik hubungannya dengan Allah subhanahu wa ta’ala, baik pula hubungannya dengan manusia. Tak ketinggalan pula, seorang hamba berkewajiban menjaga diri dan anggota tubuhnya dari semua hal yang bertentangan dengan norma-norma agama.

Baca Juga

Penyebab terorisme

Pangeran Arab Saudi: Penyebab Terorisme Adalah Kebodohan Terhadap Ajaran Agama

Jendelainfo.com – Pangeran Kerajaan Arab Saudi Khalid bin Abdul Aziz mengatakan tentang kedamaian dan perdamaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *