Beranda / Ilmu / Jangan Menyia-nyiakan Waktu

Jangan Menyia-nyiakan Waktu

Jendelainfo.com – Waktu adalah modal paling berharga di dalam kehidupan dunia. Namun, pada kenyataannya waktu adalah perkara yang paling sering diremehkan. Dalam sehari semalam kita semua memiliki waktu yang sama, 24 jam. Meski begitu, akan dengan mudah kita dapati bahwa kemanfaatan yang diperoleh masing-masing orang dari waktunya dapat sangat jauh berbeda.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Demi masa, sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih, saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran.” (QS. Al-’Ashr: 1-3)

Berapa banyak waktu yang sudah kita sia-siakan? Berapa banyak yang tidak kita gunakan untuk perkara yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat kita? Dan akhirnya, berapa banyak yang kita gunakan untuk bermaksiat kepada Allah Ta’aala?

Lihatlah bahwa jauh hari Rasululullah telah memperingatkan kita akan hal ini. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ: الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

“Ada dua nikmat yang dilalaikan oleh kebanyakan orang, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR.Bukhari)

Sudah selayaknya, sesuatu yang terbatas ini dipergunakan secara baik. Umur kita terbatas, yang muda akan menjadi tua, yang hidup akan menemui kematian. Jangan terlena dan menjadi orang-orang yang merugi. Penyesalan selalu datang di akhir.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

اغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ ، وَصِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ ، وَغِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ ، وَفَرَاغَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ ، وَحَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

“Pergunakanlah yang lima sebelum datang yang lima; Masa mudamu sebelum datang masa tuamu. Masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu. Masa kayamu sebelum datang masa miskinmu. Waktu luangmu sebelum datang waktu sempitmu. Dan hidupmu sebelum datang matimu. (HR. al Hakim).

Selayaknya bagi mereka, orang-orang yang mau berpikir untuk tergugah dengan sabda Rasulullah di atas. Sudah waktunya kita melakukan instropeksi diri. Memulai memanfaatkannya dari sekarang. Berdoa dengan penuh harap semoga membawa manfaat bagi kehidupan kita kelak di akhirat. (Joko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *