Beranda / Warta / Kemendikbud Larang Permainan Skip Challange

Kemendikbud Larang Permainan Skip Challange

Jendelainfo.com –  Sekolah diminta oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemendikbud untuk segera mengambil langkah inisiatif terhadap maraknya fenomena skip challange atau pass out challange di kalangan remaja. Sebab, permainan tersebut dinilai membahayakan kesehatan anak-anak remaja yang memainkannya.

”Sekolah tidak harus menunggu imbauan, karena sekolah tahu mana yang bahaya mana yang tidak. Tapi prinsipnya ini jangan dilakukan,” kata Sukiman, saat dihubungi, Jumat (10/3).

Menurut dia, siapa pun harus mencegah permainan tersebut. Kementerian Pendidikan, kata dia, juga akan bertindak. Namun, karena masalah ini butuh penanganan cepat karena menyebar lewat video dan media sosial, sekolah harus waspada agar tidak semakin meluas

”Kita segera koordinasi lah dengan sekolah. Saya sedang mempelajari, karena masih baru. Anak-anak memang aneh saja kelakuannya. Tapi harus ada pengawasan dari berbagai pihak,” kata dia.

Sukiman mengatakan, aktivitas permainan dengan menekan dada hingga pingsan tersebut cukup membahayakan. Karena aliran oksigen ke otak kurang, sehingga menyebabkan kerusakan otak.

Islam mengajarkan untuk tidak melakukan tindakan yang membahayakan diri sendiri dan orang lain, sebagaimana Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
لا ضرر وَلا ضِرَارَ

“Tidak boleh (melakukan sesuatu) yang berbahaya dan menimbulkan bahaya (bagi orang lain)“ (HR. Ibnu Majah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *