Beranda / Warta / Kepedulian Pemerintah Indonesia terhadap Muslimin Rohingya

Kepedulian Pemerintah Indonesia terhadap Muslimin Rohingya

Jendelainfo.com – Kepiluan dan duka nestapa kaum muslimin Rohingya tak kunjung usai. Kezhaliman dan penindasan terus menerpa mereka. HAM (Hak Asasi Manusia) seakan tidak berlaku lagi bagi mereka.

Sebagai sesama umat Islam, tentunya ada tali yang senantiasa menghubungkan walaupun berada di tempat yang nun jauh di sana. Tali tersebut adalah tali ukhuwwah Islamiyyah. Maka sudah sewajarnya ada rasa empati, saling peduli, serta saling membantu antar sesama muslim. Dan rasa itu harus semakin nampak terlebih jika saudaranya muslim berada dalam kesulitan dan membutuhkan uluran bantuan.

Pemerintah Indonesia, sebagai sebuah negara yang mayoritas penduduknya muslim telah menunjukkan jatidirinya, perhatiannya, kepeduliannya terhadap nasib saudaranya. Sebagaimana diberitakan oleh website www.setkab.go.id, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Rakhine State, Myanmar, khususnya komunitas Muslim, Rohingya, Kamis (29/12) pagi.

Bantuan Pemerintah Indonesia dikirimkan melalui Dermaga III Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta terdiri dari 10 kontainer yang berisikan mie instant, makanan bayi berupa gandum dan sereal, serta sarung.

“Barang-barang ini merupakan barang yang memang diminta dari sana setelah Menteri Luar Negeri (Menlu) berkomunikasi beberapa kali dengan Pemerintah Myanmar,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutannya.

Presiden menegaskan, bahwa diplomasi Indonesia telah melakukan tugasnya, kepedulian Indonesia sudah ditunjukkan tanpa kegaduhan, dan kepedulian itu telah dilakukan tanpa menggunakan megaphone diplomasi.

Semoga Allah memberikan balasan kebaikan yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Indonesia dan senantiasa mengarahkannya kepada kebaikan. Juga, semoga Allah selalu memberikan kemakmuran kepada negeri ini.

Demikianlah semangat ukhuwwah Islamiyyah yang semestinya ditunjukkan. Sebagai perwujudan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam :

مثل المؤمنين في توادهم وتراحمهم وتعاطفهم مثل الجسد إذا اشتكى منه عضو تداعى له سائر الجسد بالسهر والحمى

“Perumpamaan kaum mukminin dalam kecintaan, kasih sayang, dan saling menguatkan di antara mereka adalah seperti satu tubuh. Apabila salah satu anggota tubuh mengeluh, maka anggota tubuh lainnya akan ikut merasakannya dengan tak bisa tidur dan demam.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Dalil-dalil dari Al-Quranul Karim dan hadits-hadits Nabi tentang ukhuwwah Islamiyyah sangat banyak lagi. (Ahmad)

Baca Juga

biksu budha myanmar

PBB Selidiki Kekejaman Terhadap Muslim Rohingya di Myanmar

Jendelainfo.com – Sebelumnya diberitakan bahwa Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) telah sepakat untuk mengirimkan tim pencari fakta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *