Beranda / Internasional / Kerajaan Arab Saudi meluncurkan Program Penggalangan Dana bagi Korban Perang di Suriah

Kerajaan Arab Saudi meluncurkan Program Penggalangan Dana bagi Korban Perang di Suriah

Jendelainfo.com – Kerajaan Arab Saudi kembali meluncurkan program penggalangan dana bagi korban perang saudara yang sudah terjadi kurang lebih lima tahun di Suriah. Ini adalah yang kesekian kalinya dilakukan oleh negara yang terletak di Jazirah Arab tersebut, yang selama ini telah dikenal sebagai Negara yang memiliki kepedulian besar terhadap nasib kaum muslimin.

Kantor berita Arab Saudi (SPA) menyebutkan bahwa ribuan warga Aleppo diungsikan pada bulan ini menyusul invasi pasukan rezim Bashar Assad yang didukung pasukan Rusia dan Iran. Sebagiannya masih tertahan di penampungan di tengah musim dingin yang mencapai lima derajat celcius di bawah nol. Data terakhir menunjukkan bahwa 5,5 juta penduduknya mengungsi dan menewaskan lebih dari 300.000 orang.

Sang Pelayanan Dua Tanah Suci (Khadimul Haramain), Raja Salman bin Abdul Aziz Alu Sa’ud memerintahkan untuk melakukan program kampanye rakyat di seluruh propinsi Kerajaan Saudi Arabia dalam rangka penggalangan dana bantuan bagi rakyat Suriah.

Himbauan ini juga dikuatkan oleh Fatwa Dewan Ulama Besar Saudi Arabia, melalui keterangan resmi Sekretariat Jenderal Dewan Ulama Besar tersebut.

Dana Resmi dari Pemerintah Arab Saudi

Raja Salman bin Abdulaziz Alu Saud, telah mengalokasikan dana resmi dari pemerintah sebesar 100 juta riyal atau sekitar lebih dari 350 miliar rupiah dalam kampanye penggalangan dana tersebut. Dana ini akan dipergunakan untuk mendirikan penampungan dan untuk menyediakan makanan, obat-obatan, dan selimut bagi warga Suriah yang terusir.

Di samping dana resmi dari pemerintah Arab Saudi, Raja Salman juga mendonasikan 20 juta riyal (lebih dari 69 miliar rupiah) uang pribadinya bagi kampanye tersebut. Putera Mahkota Mohammed bin Nayef turut pula mendonasikan 10 juta riyal (lebih dari 35 miliar rupiah). Diikuti pula Wakil Putera Mahkota, Mohammed bin Salman menyumbang 8 juta riyal (sekitar 27 miliar rupiah).

Tidak ketinggalan, Sang Mufti Umum Kerajaan Saudi Arabia, Syekh Abdul Aziz Alu Syekh juga turut menyumbangkan donasinya. Beliau mengalokasikan dana 100 juta riyal untuk kaum muslimin di Suriah. Beliau juga menghimbau warga Saudi untuk mengumpulan donasi/dana. (Joko, Ahmad)

Sumber berita: Kantor Berita Arab Saudi (SPA) dan @SaudiNews50

Baca Juga

penggerebekan teroris

Video: Detik-detik menegangkan, penggerebekan teroris ISIS penyerang Masjid Nabawi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *