Beranda / Warta / Ketua Banser Minta Maaf Setelah Ada Teguran Nyanyian Saat Sa’i

Ketua Banser Minta Maaf Setelah Ada Teguran Nyanyian Saat Sa’i

Jendelainfo.com – Pernyataan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi terkait ulah jama’ah Umroh Banser pada waktu sa’i menunjukkan bahwa apa yang dilakukan sekelompok orang tersebut tidak dapat dibenarkan.

Pernyataan tersebut disampaikan Kedubes RI Arab Saudi menjawab kabar soal protes keras dari Pemerintah Arab Saudi terkait fenomena jemaah Indonesia yang melantunkan Ikrar Pancasila dan Nasyid Ya Lal Wathan ketika melakukan ibadah Sa’i yang merupakan rangkaian dari ibadah Haji atau Umroh.

“Terkait video viral tentang saudara-saudara kita yang melakukan aksi “tak lazim” di pelataran tempat sa’i (mas’a), saya belum dipanggil (semoga tidak), dan belum digempur dengan ‘nota protes’, tetapi baru pada fase via telepon, dan alhamdullilah setelah saya jelaskan kepada kerajaan Aran Saudi, mereka mulai bisa memahami, meski mereka meluncurkan seabreg pertanyaan yang harus dijawab,” kata Agus Maftuh lewat akun Facebook-nya.

“Mereka minta kepastian kepada saya agar kejadian tersebut tidak terulang lagi dan menekan saya sebagai pelayan WNI di Saudi untuk menyampaikan dan mengajarkan rambu-rambu diplomatik yang harus dijunjung bersama,” kata Agus Maftuh menambahkan.

Ketua Banser Minta Maaf

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, menyanyikan syair “yalal wathon” saat sa’i adalah spontanitas. Ia juga meminta maaf jika hal ini dianggap mengganggu hubungan bilateral Indonesia dan Arab Saudi.

Perbuatan tersebut jelas telah menginjak-injak kehormatan tanah suci, masjidil haram, dan pelaksanaan salah satu ibadah termulia dalam Islam, di samping menyinggung umat Islam. Semestinya ini yang lebih serius dan sepantasnya untuk meminta maaf darinya. Lebih dari itu seharusnya para pelakunya segera bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenarnya.

Sebelumnya, beredar komentar di sebuah akun facebook bernama “Hubbul Wathon Minal Iman”, mengatakan “Yuk kita Lihat Pasti WAHABI, Setan, Jin Dan iblis Serta Bala Tentaranya Pada Kepanasan…!!” Komentar ini tertanggal 24 Feb pukul 6:09pm, sebagaimana tertera di laman akun.

Sungguh komentar yang sangat provokatif dan ada kesan arogan, serta jauh dari nilai kesopanan dan akhlak seorang muslim. Menunjukkan pelakunya sengaja, dan sulit kalau dikatakan mereka tidak tahu, atau spontan.
Sangat memprihatinkan komentar di akun facebook tersebut. AJB

Baca Juga

Dubes Arab Saudi : Nyanyi Ketika Sa’i Jangan Sampai Terulang Lagi

Dubes Saudi untuk Indonesia Memperingatkan Teriakan dan Nyanyian Ketika Sa’i Ibadah Sa’i tidak boleh dicampuri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *