Beranda / Warta / Masyarakat Diharapkan Tidak Membesar-besarkan Isu Penculikan Anak

Masyarakat Diharapkan Tidak Membesar-besarkan Isu Penculikan Anak

Jendelainfo.com – Berita tentang kasus penulikan anak yang akhir-akhir ini marak memang sungguh meresahkan. Orang tua mana yang tidak sedih hatinya bila sang buah hati mendapatkan gangguan hingga orang tua sampai merasa kehilangan. Kita berlindung kepada Allah dari hal yang demikian.

Terkait dengan isu-isu di media sosial, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta masyarakat tak membesar-besarkan informasi tentang modus penculikan anak. Sebab, sebagian besar informasi itu tidak bisa dibuktikan kebenarnnya. “Itu kasusnya ada yang benar, tapi banyak yang hoax,” ujar beliau di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 21 Maret 2017.

Dilanjutkannya, dihimbau kepada masyarakat agar tidak menjadikan isu penculikan anak sebagai viral di media sosial. Karena isu tersebut dapat memicu ketakutan yang berlebihan pada masyarakat. “Kalau ada ya laporkan saja kepada aparat penegak hukum. Kami imbau masyarakat memberi perhatian dalam proses pengasuhan dan pengawasan anak, jangan abai,” ujar dia.

Pernyataan tersebut terkiat dengan isu penculikan anak yang belakangan marak beredar lewat pesan berantai dan media sosial. Masyarakat menjadi ketakutan dan menelan begitu saja informasi itu. Gara-gara isu ini, tak jarang terjadi tindakan main hakim sendiri.

Kepolisian Daerah Metro Jaya pun memberi imbauan serupa dengan KPAI. Kepala Bidang hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya meminta masyarakat tak terpedaya pada informasi hoax, dan tak sembarangan menjustifikasi seseorang sebagai penculik.

(Baca: Inilah Tanggapan Polisi Terkait Maraknya Kabar Penculikan Anak)

Bimbingan Islam dalam Menyikapi Sebuah Berita

وَإِذَا جَاءَهُمْ أَمْرٌ مِّنَ الْأَمْنِ أَوِ الْخَوْفِ أَذَاعُوا بِهِ ۖ وَلَوْ رَدُّوهُ إِلَى الرَّسُولِ وَإِلَىٰ أُولِي الْأَمْرِ مِنْهُمْ لَعَلِمَهُ الَّذِينَ يَسْتَنبِطُونَهُ مِنْهُمْ ۗ وَلَوْلَا فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُ لَاتَّبَعْتُمُ الشَّيْطَانَ إِلَّا قَلِيلًا

Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil Amri). Kalau tidaklah karena karunia dan rahmat Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikut syaitan, kecuali sebahagian kecil saja (di antaramu). (QS. An-Nisa’: 83)

Maka sudah selayaknya bagi masyarakat untuk dapat memilah dan memilih berbagai informasi yang sampai kepadanya. Di sana ada aparat pemerintah seperti TNI dan Polti yang memiliki kewenangan dan jauh memiliki kemampuan dalam penanganan persoalan ketertiban dan keaman lingkungan. Dan kita sebagai masyarakat juga tidak boleh menutup mata, tetapi tetap waspada serta proaktif membantu mereka.

Baca Juga

sby vs jokowi

SBY vs Jokowi, yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Jendelainfo.com – Anda pro SBY dan anti Jokowi? Atau sebaliknya anti SBY dan pro Jokowi? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *