Beranda / Fokus Khawarij / Mengapa Disebut Teroris Khawarij

Mengapa Disebut Teroris Khawarij

Jendelainfo.com – Sebagaimana tulisan yang telah lalu “Mengenal Induk Terorisme di dalam Islam”, akan menjadi pelengkap bila kita mengetahui asal-usul penaman dari sekte sesat pertama didalam Islam ini, kenapa disebut Khawarij (Teroris).

Dinamakan Khawarij dikarenakan keluarnya mereka dari jamaah kaum muslimin, dari jalan (manhaj) jamaah kaum muslimin dan diambil dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

….يَخْرُجُ مِنْ ضِئْضِئِ هَذَا

“Akan keluar dari diri orang ini…”

Dinamakan dengan itu (Khawarij) dikarenakan keluarnya mereka dari agama Islam dan keluarnya mereka dari ketaatan terhadap orang-orang terbaik dari kaum muslimin.

Mereka juga biasa disebut dengan al-Haruriyyah karena mereka (dahulu) tinggal di Harura yaitu sebuah daerah di Irak dekat Kota Kufah, dan menjadikannya sebagai markas dalam memerangi Ahlul ‘Adl (para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam).

Disebut pula dengan al-Maariqah (yang keluar), karena banyaknya hadits-hadits yang menjelaskan tentang muruq (keluar)nya mereka dari agama. Disebut pula dengan al-Muhakkimah, karena mereka selalu mengulang kata-kata Laa Hukma Illa Lillah (tiada hukum kecuali untuk Allah), suatu kalimat yang haq namun dimaukan dengannya kebatilan. Kenali mereka dengan poin ini.

Disebut pula dengan an-Nawashib, dikarenakan berlebihannya mereka dalam menyatakan permusuhan terhadap ‘Ali bin Abu Thalib radhiallahu ‘anhu. Kalau dimasa inimerupakan ciri menonjol mereka menyebut pemerintah Indonesia ini sebagai Thoghut.

Dimasa ini kelompok Teroris Khawarij ini banyak nama dan tersebar di seluruh belahan dunia, tak ketinggalan di Indonesia pun banyak yang berpemahaman Khawarij ini. Untuk tingkat dunia atau yang jauh disana semisal Al Qaeda, Jabha Nusro, Ikhwanul Muslimin, ISIS dll. Di Indonesia semisal MMI, LDII, HTI, FJI, JAT, JAD dan masih banyak lainnya, yang mereka ini berpecah berkeping-keping satu kelompok terhadap yang lainnya saling bermusuhan bahkan ada yang sampai saling mengkafirkan.
(Abdullah)

Baca Juga

Pernyataan Ketua GP Ansor

Pernyataan Ketua GP Ansor: Siap Melindungi Wanita Keluar Malam dan Tidak Berhijab, Silahkan Berekspresi

Jendelainfo.com – Aula “Maftuchah Yusuf“, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi saksi kegiatan Ansor Day Festival …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *