Beranda / Kesehatan / Mengenal Lebah Jantan dalam Koloni

Mengenal Lebah Jantan dalam Koloni

Jendelainfo.com – Mengenal Lebah Jantan, anggota keluarga lainnya di Koloni Lebah

Setelah mengenal Lebah Ratu, dan Lebah Pekerja, berikut ini adalah tentang mengenal Lebah Jantan.

Di dalam sarang lebah, lebah jantan nampaknya memiliki tugas yang favorit. Bagaimana tidak? Tugasnya cuma satu, yaitu kawin dengan lebah ratu. Di sarang lebah, kehidupan lebah jantan hanya bersenang-senang. Sejak kecil diberi makan madu, itupun disuapi oleh lebah betina. Kalaupun lebah jantan juga terbang keluar sarang, itu hanya dilakukan sesekali saat cuaca cerah. Mungkin hanya untuk refreshing dan menjaga agar tetap mood saat kawin dengan ratu lebah.

Namun, meski pekerjaan lebah jantan cuma satu dan paling favorit, status sebagai lebah jantan membawa konsekuensi yang sangat berat. Lebah jantan terlahir tanpa kantong polen dan kelenjar malam. Ini menyebabkan lebah jantan tidak mampu mencari dan mengangkut makanan ke dalam sarang.

Mengenal lebah jantan dalam kontribusinya.

Lebah jantan yang memang tidak mampu memberi kontribusi selain kawin dengan sang ratu ini membuat ia harus rela angkat kaki karena diusir saat musim paceklik tiba. Maklum, persediaan makanan yang ada diprioritaskan untuk ratu dan larva lebah. Sisanya untuk lebah betina sebagai pencari makanan. Apesnya, bukan itu saja nasib buruk yang harus diterima oleh lebah jantan. Sebab begitu selesai menjalankan tugasnya untuk mengawini ratu lebah, lebah jantan harus mati.

Link : Mengintip Kehidupan di Sarang Lebah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *