Beranda / Internasional / Mengenal Sosok Astronot Saudi Pertama: Pangeran Sultan bin Salman

Mengenal Sosok Astronot Saudi Pertama: Pangeran Sultan bin Salman

Jendelainfo.com – Astronot Saudi, Sultan bin Salman bin Abdulaziz Al Saud (Arabic: سلطان بن سلمان بن عبد العزيز آل سعود‎‎‎) lahir di kota Riyadh pada tanggal 27 Juni 1956, beliau menikah dan memiliki 3 orang anak, merupakan putra ke-2 Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Pangeran Sultan bin Salman memperoleh gelar Master di bidang Ilmu Sosial dan Politik dari Maxwell School of Citizenship and Public Affairs, Syracuse University, USA pada tahun​ 1999.

Beliau pernah menjadi pilot Royal Saudi Air Force yang mengawaki misi aboard the American STS-51-G Space Shuttle sabagai ahli muatan, yang juga merupakan anggota House of Saud. Dengan begitu, beliau menjadi anggota pertama keluarga kerajaan yang menjadi astronot saudi, sekaligus orang Arab dan Muslim pertama yang terbang ke luar angkasa.

Pangeran Sultan bin Salman, yang merupakan putra pemimpin Saudi saat ini yaitu Raja Salman, juga menjadi orang pertama yang mengamati ibadah Sholat dan membaca Al-Qur’an dalam keadaan nol gravitasi. Misi tersebut berlangsung selama tujuh hari, satu jam, 38 menit dan 52 detik. Beliau menjelajah sejauh 4,67 juta kilometer, dan beliau pergi ke tempat dimana belum pernah ada orang arab pergi sebelumnya.

“Anda menyadari betapa kecilnya anda, bagaimana kita hanyalah butiran di jagad raya,” Pangeran Sultan mengatakan pada wawancaranya di tahun 2008.

Saat beliau ditanya apakah dia grogi dan takut saat terbang ke luar angkasa, beliau menjawab, “Apabila ada yang mengatakan kepadamu bahwa hal tersebut tidak menakutkanmu, maka mereka telah berbohong. Aku berdoa sepanjang waktu. Saat-saat peluncuran dan pendaratan adalah hal yang paling menegangkan.”

Beliau adalah Presiden dan Komisaris dari the Board of the Saudi Commission for Tourism & Natioanl Heritage (SCTH) since 2008. Komisi tersebut terbentuk pada tahun 2000, Pangeran Sultan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal hingga tahun 2008.

Baca Juga :

  1. 6 Bukti Keseriusan Pemerintah Arab Saudi dalam Melayani Tamu Allah

  2. Kenapa Arab Saudi Tidak Ada Dalam 10 Peringkat Dunia Ini? Ternyata …

Baca Juga

Kerajaan Arab Saudi

Kebaikan Pemerintah Arab Saudi Terhadap Syiah dan Iran Meskipun Dimusuhi

Jendelainfo.com – Ulama Syiah terkemuka asal Irak, Moqtada al-Sadr, melakukan kunjungan ke Arab Saudi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *