Beranda / Ilmu / Apa Saja Tanda-Tanda Balig?

Apa Saja Tanda-Tanda Balig?

Jendelainfo.com – Mengetahui tanda-tanda kapan seseorang sudah balig sangatlah penting, diantaranya karena balig merupakan salah satu syarat seseorang dikenai kewajiban syariat selain syarat berakal. Begitu juga terkait dengan hal-hal yang lainnya. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahuinya.

Tanda-tanda Balig

Berikut tanda-tanda seseorang dikatakan sudah balig:

1. Ihtilam

Ihtilam atau hulm adalah keluarnya mani, baik ketika seseorang terjaga maupun ketika tidur (karena mimpi). Keluarnya mani diantara tanda seseorang sudah balig. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda;

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلَاثَةٍ: عَنِ الصَّبِيِّ حَتَّى يَحْتَلِمَ، وَعَنِ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ، وَعَنِ الْمَجْنُونِ حَتَّى يَفِيقَ

“Pena diangkat dari tiga orang (tidak terkena kewajiban), yaitu anak kecil hingga ihtilam, orang yang tidur hingga bangun, dan orang gila hingga sadar (kembali akalnya).” (HR. Abu Dawud)

2. Genap berusia lima belas tahun

Hal ini berdasarkan hadits dari Ibnu Umar, ia berkata; “Ketika aku berusia empat belas tahun, aku diajukan kepada Nabi untuk ikut serta dalam Perang Uhud, tetapi beliau tidak mengizinkanku. Ketika berumur lima belas tahun, aku diajukan kembali kepada beliau untuk ikut serta dalam Perang Khandaq, maka beliau mengizinkanku.” (HR. al-Jama’ah)

3. Tumbuh rambut disekitar kemaluan

Tentang hal ini, dalilnya antara lain hadits dari ‘Athiyyah, ia berkata, “Kami dihadapkan kepada Nabi pada Hari Quraizhah (peristiwa pengkhianatan Bani Quraizhah). Pada saat itu, orang yang sudah tumbuh rambut kemaluannya dibunuh, sedangkan orang yang belum tumbuh rambut kemaluannya dibiarkan. Aku adalah orang yang belum tumbuh rambut kemaluan, maka aku dibiarkan.” (HR. imam yang lima, dinyatakan shahih oleh al-Imam at-Tirmidzi)

4. Haid

Haid tanda khusus bagi wanita yang sudah balig. Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda,

لاَ يَقْبَلُ اللهُ صَلَاةَ حَائِضٍ إِلَّا بِخِمَارٍ

“Allah tidak menerima shalat wanita yang telah haid kecuali apabila wanita tersebut shalat memakai kerudung.” (HR. al-Bukhari).
Perlu diketahui, bahwa hukum balig telah tetap dengan adanya salah satu dari tanda diatas. Tanda pertama hingga tanda ketiga dialami pada pria dan wanita, sedangkan tanda keempat khusus dialami wanita. (Joko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *